Batam (ANTARA News) - Hingga Sabtu, sebanyak 6.710 calon haji yang diberangkatkan melalui Embarkasi Hang Nadim Batam telah tiba di Mekah.

Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Hang Nadim Batam Erizal Abdullah mengatakan, seluruh calon haji dari Provinsi Jambi dan Riau telah diberangkatkan ke Mekah.

"Seluruh kloter gelombang pertama sudah diberangkatkan. Sedang gelombang ke dua, mulai berangkat Minggu," kata Erizal.

Terakhir, jamaah calhaj asal Kota Pekanbaru dan Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, tiba di Mekah, Jumat sore, setelah berangkat dari Batam, Jumat pagi.

Pemberangkatan calhaj gelombang pertama, mulai dari kloter satu hingga 15. Pada gelombang pertama, calhaj berangkat ke Mekah, untuk melaksanakan ibadah sunat dulu.

Sedangkan pemberangkatan gelombang kedua, calhaj langsung terbang ke Jeddah, untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Calhaj gelombang kedua Embarkasi Hang Nadim Batam, mulai dari kloter 16 hingga 22, yang terdiri dari jamaah Kepri dan Kalbar.

Sementara itu, dari 6.710 calhaj yang tiba di Mekah, seorang di antaranya meninggal di Mekah dan dimakamkan secara `baqi`.

Sedang dua lainnya, dirawat di rumah sakit Mekah karena sakit dan tidak bisa melanjutkan ibadah.

"Informasi itu kita dapatkan dari petugas kloter, tapi informasi resmi dari sistem komputerisasi haji terpadu belum ada," kata Erizal.

Embarkasi Haji Hang Nadim Batam melayani jamaah dari empat provinsi, Kepri, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat yang terbagi dalam 22 kelompok terbang pada musim Haji 1430 H.

Selain para jemaah, Embarkasi Hang Nadim turut memberangkatkan 22 petugas embarkasi, 22 pembimbing haji dan 66 petugas kesehatan.

Embarkasi Hang Nadim Batam juga melayani pesawat yang mengangkut calon haji dari embarkasi lain seperti Embarkasi Banjarmasin dan Solo, untuk mengisi bahan bakar, sekaligus transit. (*)

Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2009