Boyolali (ANTARA News) - Jemaah calon haji embarkasi Adi Sumarmo Surakarta, yang meninggal dunia di Arab Saudi, hingga Senin, berjumlah empat orang dan semua berasal dari Jawa Tengah.

Satari yang tergabung dalam Kloter 23 meninggal dunia Rumah Sakit Arab Saudi, Minggu (8/11) sekitar pukul 06:00 waktu setempat karena sakit di sistem sirkulasi jantung dan paru. Jenazahnya dimakamkan di tempat pemakaman umum, Ba`qi Medinah.

Sementara Sadeli dari Kloter 15 meninggal dunia di Mekah, Arab Saudi, Sabtu (7/11) pukul 13:00 waktu setempat karena sakit di sistem pernafasan, sedangkan jenazahnya dimakamkan di pemakaman Ma`la Mekah.

Sebelumnya juga tercatat, jemaah bernama Kasminah yang tergabung dalam Kloter 9, meninggal di Medinah, Rabu (4/11) karena sakit infeksi dan parasit, sedangkan jenazahnya dimakamkan di Ba`qi.

Wasdai meninggal di Balai Pengobatan Haji Indonesia di Mekah, Selasa (3/11) karena sakit di sistim sirkulasi jantung, sedangkan jenazahnya dimakamkan di Ma`la Mekah.

Sekretaris Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Surakarta, Abdul Choliq, menjelaskan, pihaknya telah menyampaikan kabar itu kepada pihak keluarga di daerah asalnya.

Panitia di Asrama Haji Donohudan akan melayangkan surat pemberitahuan kepada pihak keluarga jemaah yang meninggal dunia setelah menerima surat resmi dari PPIH pusat.

"Saya akan kirimkan surat kematian jemaah, tapi harus tunggu surat resmi dari pusat," katanya.

Surat jaminan asuransi jiwa bagi jemaah yang meninggal, katanya, akan diurus oleh ahli warisnya setelah pemberangkatan dan pemulangan haji.

"Asuransi bagi jemaah meninggal bisa dicairkan sekitar sepekan setelah pengurusan surat-suratnya," katanya.

Ketua Hubungan Masyarakat PPIH di Asrama Haji Donohudan, Akmad Saidun, menjelaskan, bagi jemaah yang meninggal dunia secara biasa atau tidak karena kecelakaan selama penyelenggaraan ibadah haji akan mendapatkan klaim asuransi sebanyak Rp32 juta.

Jemaah yang mengalami cacat tetap akan menerima sebanyak Rp64 juta, sedangkan cacat sebagian antara Rp800 ribu hingga Rp32 juta.

Ia menjelaskan, PPIH Asrama Haji Donohudan, pada Senin (9/11) telah memberangkatkan tiga kloter yakni 47 asal Kudus, 48 asal Kota Magelang dan Kudus, serta 49 asal Kudus.

Pemberangkatan rombongan calon haji Kloter 47 ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Sumarmo Surakarta yang rencananya pukul 01:00 WIB, katanya, dimajukan Minggu (8/11) pukul 23:34 WIB, Kloter 48 pukul 05:43 WIB, dan Kloter 49 pukul 08:45 WIB.

"Pemberangkatan jemaah calhaj ke Arab Saudi hingga Kloter 49 ini sudah sebanyak 18.523 orang," katanya.

Berikut para jemaah haji embarkasi Surakarta yang meninggal dunia:
  1. Satari Rabat (62) warga RT06/RW01 Brekat, Kabupaten Tegal
  2. Sadeli H. Sarpin (51) warga RT02/RW03 Gajah Medini, Medini, Demak
  3. Kasminah Sedris (72) warga RT07/RW02 Ambokembang Gang 9, Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan.
  4. Wasdai Dartam (76), warga Desa Pesaren, Warungasem, Kabupaten Batang.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009