Palembang (ANTARA News) - Puluhan calon haji (Calhaj) yang berangkat melalui biro jasa haji Munatour memanfaatkan tambahan kuota haji diperuntukkan bagi haji khusus itu.

Calhaj Munatour yang menggunakan tambahan kuota haji itu sebanyak 50 dari 152 orang, kata dokter tetap Munatour, dr M Andri Djaja K di Palembang, Rabu.

Menurut dia, dengan adanya tambahan kuota haji 3.000 orang untuk haji khusus tersebut, sangat membantu sekali bagi Calhaj Munatour.

Calhaj yang tadinya baru mendapat kesempatan tahun depan, dengan adanya tambahan kuota tersebut bisa berangkat tahun 2009 ini, katanya.

Ia mengaku, kalau mereka sudah mempersiapkan berkas-berkas Calhaj tersebut jauh-jauh hari dan ketika tambahan kuota dibuka langsung dapat didaftarkan.

Berkas itu disiapkan, karena memang pihaknya yakin bakal ada tambahan kuota, sebab hampir setiap tahun biasanya ada tambahan kuota haji, ujarnya pula.

Ia mengatakan, karena berkasnya sudah siap dan begitu dibuka langsung bisa didaftarkan ke Departemen Agama (Depag), sehingga semua Calhaj Munatour dapat berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

Sementara apakah biro jasa haji tersebut akan menaikkan ongkos naik haji tahun 2010, ia mengatakan, masih melihat kondisi dan kalaupun ada kenaikan tidak bakal tinggi.

Sementara itu Calhaj dari biro Munatour Palembang sejak Senin hingga hari Selasa (9-10/11, red) melaksanakan manasik haji.

Sebanyak 152 Calhaj dari Munatour dari berbagai daerah di Indonesia tersebut akan berangkat ke Tanah Suci pada 17 November 2009.

Sedangkan embarkasi Palembang pada tahun 2009 ini memberangkatkan Calhaj Sumsel sebanyak 6.349 orang, ditambah dari provinsi kepulauan Bangka Belitung 937 orang. (*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009