Bekasi (ANTARA News) - Sebanyak 27.898 calon haji se-provinsi Jawa Barat melalui embarkasi Kota Bekasi telah berangkat ke Saudi Arabia dalam 62 kelompok terbang sedangkan pada malam ini akan diberangkatkan tiga kloter lagi.

Sekretaris Panitia Penyelenggaraan Haji Indonesia (PPHI) embarkasi Bekasi, Edi Arief, di Bekasi, Jumat, menyatakan, jumlah jemaah haji yang akan diberangkatkan sebanyak 38.321 orang dalam 84 kelompok terbang kloter.

Ia mengatakan, calon haji dari embarkasi Bekasi mulai kloter ke 45 tidak lagi mendarat di bandara Jedah Saudi Arabia tapi sudah di bandara Jedah hingga perjalanan darat bisa lebih singkat delapan jam untuk mencapai Makah tempat puncak pelaksanaan ibadah haji.

Untuk Jumat malam akan berangkat calon haji dari Kabupaten Indramayu, Kota Bekasi dan Kabupaten Majalengka masing--masing sebanyak 450 calon haji plus petugas kesehatan dan pembimbing haji.

"Mereka yang diberangkatkan tersebut telah membawa dokumen yang lengkap seperti paspor, visa, catatan kesehatan, gelang identitas serta biaya hidup di Arab Saudi," ujarnya.

Calon haji yang berangkat semuanya dalam kondisi sehat walafiat namun diakuinya ada beberapa jemaah yang menderita sakit ringan tapi tidak sampai membatalkan keberangkatan mereka.

Pemberangkatan jemaah dari asrama haji Kota Bekasi diusahakan tepat waktu atau masih ada rentang waktu beberapa jam di bandara untuk memasukkan bagasi serta persiapan pemberangkatan.

"Untuk bus-bus yang membawa calon haji ke bandara tidak ada masalah. Semuanya sudah tersedia karena segala sesuatunya dipersiapkan dengan matang," ujarnya.

Masing-masing calon haji hanya dibenarkan membawa bagasi sebanyak 22 kg dan kelebihannya harus ditinggalkan. Sosialisasi mengenai masuk asrama haji hingga pemberangkatan sudah dilakukan termasuk saat calon haji berada di asrama.

"Mereka kita layani dengan baik dengan memberikan makanan bergizi tinggi, dua kali mendapat makanan ringan dalam kotak dan tempat istirahat yang nyaman," kata Toto Irianto, petugas humas embarkasi haji Bekasi.

Dari pantauan di asrama haji Kota Bekasi setiap hari hingga dinihari kerabat serta saudara dari calon haji yang akan berangkat menunggu didepan pintu untuk sama-sama mengiringi rombongan ke bandara.

Pengantar menggunakan berbagai kendaraan bahkan truk bak terbuka yang dipenuhi orang berbagai usia laki dan perempuan termasuk untuk keberangkatan ke bandara tengah malam atau menjelang subuh sekalipun. (*)

Editor: Ricka Oktaviandini
Copyright © ANTARA 2009