Palembang (ANTARA News) - Perusahaan penerbangan, Garuda Indonesia yang mengangkut calon haji Sumatra Selatan akan memberikan air zam-zam kepada jemaah secara gratis.

Setiap calon haji yang berangkat ke tanah suci akan diberikan air zam-zam sebanyak lima liter dari pihak perusahaan penerbangan tersebut, kata Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Departemen Agama Sumsel, H Udin Djuhan di Palembang, Senin.

Menurut dia, pemberian air zam-zam secara cuma-cuma itu sebagai pelayanan pihak perusahaan penerbangan terhadap calon haji di daerah ini termasuk calon haji Indonesia lainnya.

Pemberian air zam-zam yang sebagai ciri khas jemaah pulang dari tanah suci tersebut, supaya mereka nantinya tidak perlu memikirkan lagi buah tangan itu, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu pemberian air zam-zam tersebut untuk menghindari calon haji yang pulang dari Arab Saudi membawa barang lebih dari kapasitas.

Perusahaan penerbangan membatasi bawaan jemaah, dimana untuk berangkat menuju tanah suci calon haji paling banyak membawa barang seberat 15 kg, dan pulangnya nanti tidak lebih dari 32 kg.

Calon haji Sumsel yang menunaikan rukun Islam kelima pada tahun 2009 berangkat dari embarkasi Palembang tercatat 6.349 orang ditambah jemaah provinsi Bangka Belitung sebanyak 937 jemaah. (*)

Editor: Guntur Mulyo W
Copyright © ANTARA 2009