Palembang (ANTARA News) - Seorang calon haji kelompok terbang (kloter) 20, Sumatra Selatan (Sumsel) batal berangkat ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam kelima, karena sakit.

Calon haji kloter 20 yang batal berangkat itu bernama, Aseka Joyo Nawi Binti Joyo Nawi, kata humas embarkasi haji Sumsel, Saefudin di Palembang, Selasa.

Menurut dia, calon haji kloter 20 itu mengalami sakit sebelum masuk asrama sehingga total jemaah yang diberangkatkan hari ini tercatat 318 orang ditambah lima petugas.

Dikatakannya, dari jumlah tersebut, 24 diantaranya dinyatakan mengalami risiko tinggi sehingga diberi rompi khusus untuk mengantisipasi mereka selama dalam menjalani rukun Islam kelima itu.

Dengan diterbangkannya kloter 20 itu maka calon haji Sumsel dan Bangka Belitung yang sudah berada di tanah suci mencapai 6.444 orang, ujar dia.

Dia mengatakan, dari jumlah yang sudah diberangkatkan itu hampir semuanya sudah berada di Mekkah.

Calon haji Sumsel tersebut diberangkatkan menuju Arab Saudi menggunakan pesawat garuda jenis 330 seri 200 pemakaian April 2009.

Sebelum berangkat, mereka semuanya menginap di asrama untuk pemeriksaan kesehatan dan persyaratan lainnya, kata dia pula.

Menurut dia, berdasarkan evaluasi sejak pemberangkatan pertama hingga kloter 20 ini belum mengalami hambatan yang berarti dan semuanya lancar.

Kesemuanya itu tidak terlepas dari dukungan seluruh lapisan masyarakat termasuk panitia penyelenggara ibadah haji, kata dia.

Calon haji Sumsel yang berangkat menuju tanah suci tahun ini sebanyak 6.349 orang ditambah 937 jemaah asal Provinsi Bangka Belitung.(*)

Editor: Luki Satrio
Copyright © ANTARA 2009