Serang (ANTARA News) - Rombongan terakhir jemaah calon haji (calhaj) yang berasal dari Kota dan Kabupaten Serang sebanyak 116 orang diberangkatkan dari Alun-alun Serang, Kamis pagi.

"Rombongan terakhir ini tidak langsung terbang ke Jeddah, melainkan ke Pondok Gede dulu," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Depag Kabupaten Serang Machdum Bachtiar, di Serang.

Ia mengatakan, sebanyak 116 calhaj yang berasal dari Kota dan Kabupaten Serang tersebut tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 46.

Kloter ini merupakan kloter gabungan Provinsi Banten dari Kabupaten/Kota Serang dan Kabupaten/Kota Tangerang.

"Kloter 46 dari Serang ini, terdiri dari 49 pria dan 67 wanita," ujar Machdum.

Menurut jadwal, lanjut Machdum, kloter 46 ini akan diterbangkan ke Jeddah pada 20 November 2009, dengan menggunakan peswat Garuda kode penerbangan 7521.

"Kloter ini direncanakan akan berada di kawasan Aziziyah Simaliyah maktab 34," kata Machdum.

Sementara untuk kedatangan para jamaah calhaj yang tegabung dalam kloter 46 ini, direncanakan akan tiba ke tanah air pada tanggal 31 Desember 2009.

Dengan diberangkatkannya rombongan terakhir jemaah calhaj asal Kota dan Kabupaten Serang, berarti sudah 1.723 orang yang diberangkatkan.

Menurut laporan yang diterima Machdum dari lokasi melaksanakan ibadah haji, tidak ada calhaj dari Serang yang menderita sakit, apalagi meninggal.

"Tidak ada, tidak ada yang sakit. Apalagi meninggal, semuanya sehat-sehat saja," kata Machdum.

Sementara itu, berdasarkan pantauan, suasana pemberangkatan terakhir calhaj asal Serang di alun-alun pagi tadi, diwarnai dengan keharuan.

Sekitar seribu warga dan pedagang sudah memenuhi Alun-Alun Serang sejak jam 05.00 WIB.

Tidak sedikit para pengantar calhaj yang meneteskan air mata, bahkan banyak pula anak-anak yang menangis, karena ditingal orang tuanya menuju Tanah Suci.(*)

Editor: Luki Satrio
Copyright © ANTARA 2009