Surabaya (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dijadwalkan menyambut kedatangan jemaah haji Jatim kelompok terbang (kloter) pertama di Asrama Haji Debarkasi Surabaya (AHDS) pada tanggal 3 Desember.

"Rencananya, Wagub Jatim akan menyambut jemaah haji kloter pertama dari Lamongan di Asrama Haji pada hari Kamis (3/12) pukul 10.00 WIB," kata Kepala Kanwil Depag Jatim H. Imam Haromain Asy`ari kepada ANTARA di Surabaya, Rabu.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya itu, pihaknya sudah siap menyambut kedatangan 33.835 jemaah haji asal Jatim mulai 3 Desember 2009.

"Penyambutan akan kami lakukan sebaik mungkin dan diusahakan memuaskan jemaah," katanya.

Selain itu, katanya, PPIH Debarkasi Surabaya juga melayani jemaah dari Provinsi NTB, NTT, dan Bali.

Biasanya, Gubernur NTT dan Ketua DPRD NTT selalu datang menyambut kedatangan jemaah haji asal NTT secara khusus di Asrama Haji Surabaya.

"Kalau jemaah haji asal NTB biasanya memang tidak pernah singgah ke Asrama Haji Debarkasi Surabaya seperti saat keberangkatannya, karena mereka langsung pulang dengan penerbangan reguler dari Bandara Juanda ke NTB," katanya.

PPIH Debarkasi Surabaya menangani 39.486 jemaah haji, termasuk petugas. Dari Jatim tercatat 33.845 jemaah, NTB 4.511 jemaah, NTT 451 jemaah, dan Bali 239 jemaah.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009