Banda Aceh (ANTARA News) - Sebanyak 321 jemaah haji kelompok terbang (kloter) 1 asal Provinsi Aceh tiba di Tanah Air dengan selamat melalui Bandara Iskandar Muda, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banda Aceh, Juniazi di Banda Aceh, Jumat, menyatakan, jemaah yang tiba pada Kamis (3/12) malam pukul 22:15 WIB itu berasal dari enam kabupaten/kota.

Jemaah kloter 1 itu, kata dia, berangkat dengan jumlah 320 orang dan kembali 321 orang. Pada kloter tersebut terdapat empat orang mutasi masuk dan dua orang mutasi keluar, sedangkan seorang lagi meninggal dunia.

Mutasi masuk, lanjut dia, atas nama M. Rusli bin Abdul Kadir (48), Nazariah binti Ansari Pidie (43), keduanya berasal dari kloter 3 asal Banda Aceh.

Selain itu Nasruddin bin Ibrahim Amin (40) dan Rahmaniar binti Abdurrahman (34), keduanya berasal dari kloter 11, Kabupaten Pidie.

Sementara itu mutasi keluar atas nama Zoulkifli bin Nyak Gah (50) dan Rosna bnti Gumbak Lambak (45), keduanya berasal dari Kabupaten Aceh Barat.

Ia menambahkan, berat bagasi para jemaah haji seberat 9.754 Kg dan 322 koli air zam-zam.

Ia menyatakan, jadwal kepulangan jemaah haji kloter 1 Aceh ini mengalami penundaan dari jadwal, sehingga tiba di Tanah Air terlambat sampai malam hari.

"Awalnya, pesawat tiba pada pukul 12:00 WIB, kemudian berubah pada pukul 17:00 WIB, dan akhirnya pada pukul 22:15 WIB," kata dia.

Sementara itu jemaah kloter 2 dijadwalkan tiba pada pukul 12:00 WIB.

"Kita berharap kepulangan jemaah haji Aceh bisa tepat waktu, sehingga tidak terlalu lama menunggu penerbangan di Bandara King Abdul Azis, Jedah," katanya. (*)

Editor: Luki Satrio
Copyright © ANTARA 2009