Palembang (ANTARA News) - Usai menunaikan rukun Islam kelima di tanah suci tahun 2009 ini dirinya semakin sehat karena tidak sakit-sakit dan darah tinggi tidak pernah kambuh lagi.

Salah seorang jemaah haji Sumatra Selatan (Sumsel), H Anwar M di Palembang, Selasa mengatakan, setelah pulang dari tanah suci dalammenunaikan rukun Islam kelima dirinya tidak pernah sakit lagi.

Ini berkat karunia dari Allah SWT dan itu harus disyukuri, kata jemaah asal Palembang itu lagi.

Selama ini, lanjut dia, sebelum pergi haji, ia selalu periksa kesehatan terutama tensi darah yang kondisinya selalu tinggi, namun ia tidak menyebutkan tekanan darah hasil tes kesehatan tersebut.

Tetapi setelah pulang memenuhi panggilan Allah ternyata kondisi fisiknya semakin sehat dan darah tingginya tidak kambuh lagi, ujar Anwar yang juga pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumsel itu

"Saya rutin memeriksa kesehatan termasuk setelah pulang menunaikan rukun Islam kelima beberapa hari lalu dan kesehatan saya semakin bagus," katanya.

Ketika ditanya mengenai mengalaman selama berada di tanah suci, ia mengatakan, dirinya tidak mengalami hambatan yang berarti begitu juga proses dalam menunaikan ibadah tetap berjalan lancar.

Kesemuanya itu berkat karunia dari Allah SWT dan doa yang dilaksanakan selama ini sehingga pejalananan yang dihadapi selalu sukses terutama selama di Arab Saudi, ujar dia pula.

Dikatakannya, ibadah haji memang memberikan kesan tersendiri dan ia merasa rukun Islam kelima itu sebagai upaya untuk membersihkan diri.

Kalau ada kesempatan baik uang dan waktu ingin rasanya pergi haji lagi karena menunaikan rukun Islam tersebut sangat menyejukan, tambah dia.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009