Sukabumi (ANTARA News) - Seorang jemaah haji kloter 42 asal Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Ny Itoh Marsitoh (70) kini tengah dirawat di Rumah Sakit (RS) King Malik Fath, Jeddah.

"Ibu mertua saya masih dirawat di rumah sakit di Jeddah akibat pneumonia. Saya tidak tahu kapan pulangnya, namun kondisinya saat ini mulai membaik," kata menantunya, Asbulloh, di Sukabumi, Selasa.

Berdasarkan informasi yang diterima, ibu mertuanya itu akan pulang ke Sukabumi pada 27 Desember 2009 atau 2 Januari 2010, yang berbarengan dengan jamaah haji dari Kabupaten Sukabumi.

Ia berharap kondisi ibu mertuanya itu bisa sehat kembali. Sebelum berangkat kondisi ibu sehat-sehat saja, bahkan berdasarkan hasil rontgen paru-parunya tidak ada masalah," ucapnya.

Asbulloh menambahkan, seharusnya ibu mertuanya sudah pulang sejak Kamis (17/12) lalu bersama rombongan haji lainnya asal Kota Sukabumi.

Ketua Kloter 42, Asep Khaerul Mukmin, mengatakan, sebelum kembali ke tanah air, Ny Itoh Marsitoh akan menyempurnakan dulu ibadah hajinya dengan melakukan Thawaf Ifadhoh karena Thawaf tersebut satu-satunya rukun haji yang belum dilaksanakannya.

"Jika kondisi Ny Itoh sudah fit, maka akan menyempurnakan ibadah hajinya dulu. Sementara wajib haji lainnya diganti dengan membayar dam atau denda," ujarnya seraya berharap Ny Itoh bisa secepatnya pulih dan bisa kembali ke Sukabumi.

Asep menambahkan, Ny Itoh mengalami gangguan kesehatan sejak Senin (23/11) lalu sebelum pelaksanaan wukuf dilaksanakan di Arafah. (*)

Editor: Ricka Oktaviandini
Copyright © ANTARA 2009