Palembang (ANTARA News) - Seorang jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 20 atas nama Bobby Iskandar sakit dalam pesawat diperkirakan karena kelelahan.

Satu jam sebelum mendarat jemaah tersebut mendadak nyeri dada dan setiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang ia langsung dibawa ke rumah sakit Mohammad Hoesin, kata humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Sumsel, Indoni Wahyudi di Palembang, Senin.

Namun, lanjut dia, berdasarkan laporan setelah diperiksa tim dokter rumah sakit ternyata jemaah tersebut mengalami gangguan jantung yang ringan.

Selain itu ada juga beberapa jemaah kloter 20 itu setiba di Palembang mengalami sakit seperti Isman Ngadiman, Halmah Nawawi Karim, Hasunah Kasan Kosim dan Siti Nurbaya Anang karena faktor usia, kata dia pula.

Menurut dia, jemaah haji kloter 20 yang tiba hari ini berjumlah 316 orang yang terdiri dari kelompok bimbingan ibadah haji Nur Indayu, Raden Fatah dan Mandiri, kata dia lagi.

Lebih lanjut dia mengatakan, setelah tibanya kloter 20 itu berarti jumlah jemaah yang masih berada di tanah suci ada tiga penerbangan lagi yang pemberangkatannya dilaksanakan setiap hari.

Sebelumnya Kepala Bidang haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Departemen Agama Sumsel, Drs H Udin Djuhan mengatakan, jumlah jemaah Sumsel yang menunaikan rukun Islam kelima sebanyak 6.325 orang.

Jemaah haji Sumsel itu dibagi dalam 20 kloter dtambah dari provinsi Bangka Balitung yang pemulangannya dimulai pada 3 hingga 31 Desember 2009.(*)

Editor: Ricka Oktaviandini
Copyright © ANTARA 2009