Palembang (ANTARA News) - Pakaian calon haji Sumatera Selatan yang mengalami sakit sebelum berangkat menuju Arab Saudi, sekarang masih di asrama dan tersimpan dengan baik.

Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumsel, H Udin Djuhan di Palembang, Senin, mengatakan, memang sekarang masih ada dua calon haji yang dirawat di Palembang dan pakaiannya masih dalam asrama.

Calon haji yang masih dalam perawatan itu bernama Basori M bin Maijuri (60) dan Wasdi Danuri P bin Danuri (70) dari kelompok terbang (kloter) 19 asal Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

Memang, lanjut dia, sebelum berangkat mereka diperiksa kesehatan di asrama haji Palembang dan ternyata keduanya sakit, sehingga dirujuk ke rumah sakit Dr Mohammad Hosien Palembang.

Sehubungan itu, pakaian yang ada seperti tas sekarang masih dalam asrama untuk diamankan, katanya.

Pakaian itu bisa diambil keluarga bila diperlukan, karena panitia hanya mengamankan, kata dia lagi.

Menurut dia, calon haji yang sakit itu tergabung dalam kloter 19 diberangkatkan pada 4 November 2010.

Jamaah yang berangkat melalui embarkasi Palembang pada 2010 sebanyak 7.512 orang, terdiri atas 6.394 jamaah Sumsel dan selebihnya dari Provinsi Bangka Belitung yang dibagi dalam 21 kloter.

Selain jamaah, juga ada 105 petugas pendamping calon haji yang menunaikan rukun Islam kelima tersebut, termasuk dari Provinsi Bangka Belitung, ujar dia.

Ketika ditanya kepulangan jamaah haji, ia mengatakan, pada 22 November 2010 untuk kloter pertama dan direncanakan dilaksanakan setiap hari hingga kloter 21.

(U005/M033/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010