Samarinda (ANTARA News) - Pemerintah Kota Samarinda memberangkatkan 14 warganya menuju Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi, pada Selasa (9/11) untuk menunaikan ibadah haji sebagai penghargaan karena dinilai berprestasi dan berjasa terhadap pembangunan daerah.

"14 warga yang berangkat haji ini terdiri dari berbagai profesi, seperti petani, guru agama, penjaga makam, imam masjid, Ketua RT, dan profesi lainnya," kata Sekretaris Kota Samarinda HM Fadly Illa di Samarinda, Senin.

Dikatakannya, kegiatan itu merupakan program tahunan Pemkot Samarinda yang dilakukan sebagai bentuk penghargaan pemerintah kepada masyarakat, terutama bagi warga yang selama ini banyak memberi kontribusi dalam berbagai bidang pembangunan demi kemajuan Kota Samarinda.

Menurut Fadly, kesempatan berangkat haji ke Tanah Suci tidak semua orang mendapatkannya, untuk itu dia mengingatkan kepada jamaah calon haji, agar selalu bersyukur atas segala rahmat yang telah diberikan.

Dia juga mengingatkan calon haji agar selalu bersabar jika menghadapi ujian saat berada di Mekkah. Selain itu, berdoa harus terus dilakukan, baik doa untuk diri sendiri, keluarga, serta untuk kesejahteraan warga Samarinda, dan untuk kemakmuran bangsa Indonesia.

Ibadah haji, lanjutnya, merupakan ibadah lahir batin yang banyak menuntut latihan tidak hanya fisik, melainkan juga batin. Terkait dengan itu, maka kesabaran harus diutamakan, terutama sabar setelah selesai menunaikan ibadah haji.

Menurutnya, memberangkatkan haji bagi warga yang berjasa merupakan salah satu bentuk perhatian Pemkot Samarinda, terutama perhatian besar yang ditunjukkan oleh wali kota setempat Achmad Amins yang menganggarkan dari pembiyaan Pemkot.

14 orang yang diberangkatkan haji tersebut bersamaan dengan jadwal keberangkatan calon haji lainnya. Mereka telah tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 16, yakni 30 orang dari Samarinda, 38 orang asal Kabupaten Kutai Kartanegara, dan 145 orang dari Tarakan.

Jamaah berangkat dari Samarinda pukul 13.00 menuju Balikpapan pada 8 November. Sesuai dengan jadwal, rombongan di kloter 16 ini harus diterima di Asrama Batakan pukul 17.00 waktu setempat.

Selanjutnya, rombongan calon haji akan diberangkatkan menuju Arab Saudi pada keesokan harinya, yakni 9 November pukul 20.15 Wita. Kloter 16 itu masuk dalam gelombang kedua, sehingga langsung diberangkatkan menuju Kota Mekkah.

(KR-GFR/A041/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010