Pekanbaru (ANTARA News) - Sebanyak 1.298 jamaah haji asal Riau yang terdiri atas tiga kelompok terbang sudah tiba di Tanah Air melalui debarkasi Batam.

"Tiga kloter tersebut tergabung dalam kloter tiga, empat dan lima Provinsi Riau. Mereka sudah tiba di tanah air sejak Rabu (24/11) lalu," ujar Pgs Kabid Haji Wakaf dan Zakat Kanwil Kemenag Riau, Drs H Mahyudin MA di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan bahwa dua kloter yakni kloter tiga dan empat sudah tiba di kabupaten/kota masing-masing yakni Rokan Hilir dan Pekanbaru. Sedangkan kloter lima, lanjutnya, baru akan pulang ke Pekanbaru pada Sabtu (27/11) besok.

"jamaah haji tersebut begitu sampai d debarkasi Batam langsung diinapkan di asrama haji selama semalam. Baru kemudian dipulangkan ke daerah asal," jelasnya.

Dengan demikian, lanjutnya, masih terdapat delapan kloter asal Riau dan kloter gabungan asal Provinsi Riau, Kepulauan Riau dan Provinsi Jambi yang masih berada di Tanah Suci. jamaah haji tersebut akan pulang ke Tanah Air secara bertahap.

"jamaah haji asal Riau paling akhir pulang ke Tanah Air pada 9 Desember mendatang," jelasnya.

Mahyudin mengharapkan kepulangan jamaah haji dapat berjalan lancar. Selain itu juga, jamaah haji tersebut dalam kehidupan sehari-hari hendaknya bisa memberikan keteladanan kepada masyarakat dalam melaksanakan ibadah, bersosialisasi dan hal lainnya.

"Ibadah yang didapat di Tanah Suci hendaknya dipertahankan, diamalkan dan diajarkan kepada masyarakat banyak," harapnya.

(KR-IND/E010/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010