Madrid (ANTARA News) - Masih ada harapan bagi gelandang Barcelona Xavi Hernandez untuk bergabung denganTimnas Spanyol asuhan pelatih Vicente del Bosque.

Paling tidak Xavi telah menyatakan komitmennya kepada klubnya dengan tampil pada pertandingan melawan Villareal Sabtu, meski berisiko memperburuk cedera betis yang dideritanya.

"Dia mengalami cedera yang bila diperburuk akan memaksanya absen di Piala Dunia," kata Pelatih Barca Josep Guardiola dalam konferensi pers, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Xavi mendapat cedera saat pertandingan semifinal Liga Champion melawan Inter Milan, dan sebelumnya diragukan untuk tampil melawan Villareal.

"Dia berkomitmen pada klub ini dan itu contoh bagi semua orang. Untuk alasan ini dia layak disebut sebagai gelandang terbaik dalam sejarah klub," kata Guardiola.

Dalam pertandingan itu Barca menang 4-1. Selain menyumbang gol, Xavi memberi umpan bagi gol pembuka Lionel Messi, dia juga membantu terciptanya gol kedua Messi dan gol keempat Barca.

Kemenangan itu membawa Barca ke puncak klasemen Liga Spanyol dengan menyisakan tiga pertandingan. Real Madrid yang menduduki peringkat kedua memperkecil selisih poin menjadi satu angka berkat kemenangan 3-2 atas Osasuna.

Xavi diharapkan sembuh dalam tiga minggu sebelum pelatih Spanyol Vicente del Bosque mengumumkan skuad yang akan dibawa ke Afrika Selatan.

Pemain berusia 30 tahun itu terpilih sebagai pemain terbaik Piala Eropa 2008.
(ENY/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010