London (ANTARA News) - Ini bukan sekedar "siapa buat apa,tim mana buat cerita", tetapi ada yang sedang berkisah seputar Grup E Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan seperti diberitakan Reuters.

BELANDA
Belanda akan mengawali pelatihan resmi Piala Dunia mereka Rabu saat berangkat ke Austria dengan 24 anggota tim mereka.

Setelah mengadakan pemusatan latihan di Hoenderloo, Belanda, pelatih Bert van Marwijk mengeluarkan pemaian tengah Otman Bakkal, David Mendes da Silva dan Wout Brama.

Rafael van der Vaart dan Klaas Jan Huntelaar akan bergabung dengan tim setelah menyelesaikan musim kompetisi mereka minggu lalu tetapi Arjen Robben, Mark van Bommel dan Wesley Sneijder akan bergabung minggu depan.

Ketiga pemain itu akan bermain dalam final Liga Champions di Madrid Sabtu mendatang.

JEPANG
Ketika rekan setimnya dari Moskow, Keisuke Honda, tiba di Jepang dan mengatakan dalam temu pers di Bandara Narita bahwa tim "Samurai Biru" dapat memenangi Piala Dunia, pemain internasional dan kapten Yuki Nakazawa mengeluarkan berita yang juga meledak tentang dirinya.

Pengatur serangan tim Jepang itu bercerita tentang sepatu yang akan dipakainya di Afrika Selatan, bulan depan, yang berwarna seperti "lava gunung berapi" dan namanya tertera di sebelahnya, juga dengan warna oranye menyala.

"Ini sepanas watak saya," kata Nakazawa, yang mengalahkan rekan setimnya dalam hal sepatu bola yang disebutnya memiliki teknologi tinggi dan menarik padangan mata itu. "Ini seperti berapi ketika berada di kaki saya nanti," katanya.

Sementara pelatih tim Jepang Okada ketika menimpali komentar pelatih Gamba Osaka, Akira Nishino, tentang penjaga gawang Yoshikatsu Kawaguchi yang baru sembuh dari cedera sejak September, merupakan pembangkit semangat.

"Bari Nakazawa, apalagi ia sebagai kapten, ini merupakan pemicu semangat," kata Nishino tentang Kawaguchi, yang masuk dalam tim Piala Dunia untuk keempat kalinya.

"Ini merupakan pemicu semangat bagi seluruh anggota tim," katanya.

KAMERUN
Pelatih Kamerun Paul Le Guen menyatakan ia akan membawa pemain bertahan veteran Geremi dan Rigobert Song ke Afrika Selatan bulan depan, sehingga mengakhiri spekulasi tentang habisnya karir internasional kedua pemain itu.

Le Guen mengatakan kepada stasiun televisi Prancis Canal+, duet pemain itu sudah masuk tim seperti direncanakan dalam susunan 23 pemain yang akan tampil dalam turnamen itu.

Mereka akan diamati dalam permanasan internasional di pemusatan latihan di pegunungan Alpen Austria.

Pasangan pemain itu, yang sudah bertanding internasional 247 kali, tidak masuk dalam tim pertandingan final Piala Afrika Januari lalu dan juga absen ketika timnya tanding internasional melawan Italia Maret lalu.

DENMARK
Maju ke putaran sistem gugur merupakan fase yang realistis bagi Denmark, seperti diungkapkan pelatih Morten Olsen kepada jaringan televisi Denmark TV3+ akhir minggu lalu.

"Kami bukan Spanyol, kami bukan Belanda. Belanda memiliki kemampuan realistis dalam Piala Dunia. Bagi kami, ini merupakan ambisi realistis, memenangi pertandingan awal dan maju ke putaran sistem gugur," katanya.

Olsen mengatakan, ia dan asitennya sudah menyaksikan tujuh hingga 10 pertandingan calon lawan Denmark di grup penyisihan--Kamerun, Belanda dan Jepang-- dan akan menyaksikan semua rekaman pertandingan lawan mereka itu dalam pertandingan pemanasan mereka.
(A008/A023)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010