Johannesburg  (ANTARA News) - Tim sepakbola nasional Inggris tiba di Afrika Selatan pada Kamis pagi dengan harapan undian yang menguntungkan pada putaran pertama akan menjadi katalis untuk tantangan serius berikutnya dalam Piala Dunia.

Cuaca dingin dan cerah menyambut para pemain tenar itu saat mendarat di bandara internasional Johannesburg bersama pelatih Fabio Capello, demikian laporan AFP.

"Saya berharap Piala Dunia merupakan sukses bagi Afrika Selatan maupun tim kami. Terima kasih. Saya senang berada di sini," kata pria berkebangsaan Italia tersebut.

Siaran langsung untuk semua pertandingan Liga Inggris bisa diartikan bahwa bintang-bintang Chelsea, Manchester United, Arsenal dan Liverpool lebih dikenal oleh publik Afsel dibandingkan pemain lokal.

Hasil sebuah survei yang dilakukan beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa Inggris akan menjadi tim terpopuler kedua setelah Brazil di kalangan suporter lokal jika timnas Afsel gagal dalam turnamen yang digelar mulai 11 Juni hingga 11 Juli tersebut.

Kedatangan tim dengan kostum abu-abu ini memperoleh pengawalan ketat, menyusul tim dari Australia, Brazil, Argentina, Denmark, AS, Korea Utara dan Nigeria di Afsel --negara Afrika pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Setelah menyelesaikan urusan imigrasi, tim Inggris bergerak menuju Rustenburg, dua jam perjalanan darat sebelah barat Johannesburg dan wilayah kaya platinum.

Di kota itu, Inggris akan melakukan tanding perdana Grup C melawan AS di Stadion Royal Bafokeng pada 12 Juni, 60 tahun setelah AS membuat kejutan di Piala Dunia saat mengalahkan tim berjuluk "The Three Lions" itu.

Aljazair akan menjadi tim kedua yang berhadapan dengan Inggris dan lawan paling lemah di babak pertama tersebut. Kedua tim akan bertemu di Stadion Cape Town enam hari setelah laga perdana, dilanjutkan dengan laga melwan Slovenia pada 23 Juni di Port Elizabeth.

Sejumlah pengamat memberikan pandangan beragam tentang sejauh mana tim Wayne Rooney ini bisa bertahan. Namun ada kesamaan pandangan bahwa kegagalan untuk menjadi nomor satu di babak grup akan merupakan kemunduran besar.

Sebagai pemenang, Inggris bisa jadi akan bertemu dan mengalahkan Australia, Ghana atau Serbia untuk mencapai delapan besar --babak yang sanggup mereka capai pada dua turnamen sebelumnya-- namun ini berarti mereka akan dihantui tim Jerman.

Sejak menundukkan Jerman 4-2 di London dan memenangi Piala Dunia 44 tahun lalu, Inggris terus menerus dibuat sakit hati oleh saingan lawas mereka itu.

Capello menegaskan bahwa ia akan memimpin "The Three Lions" pada babak kualifikasi Euro 2012 setelah berbagai spekulasi yang mengaitkannya dengan jawara Eropa Inter Milan, dimana ia disebut-sebut akan menggantikan Jose Mourinho yang menjadi bos baru Real Madrid.

Pelatih berkebangsaan Italia itu telah mengubah Inggris dari tim yang gagal masuk Euro 2008 di bawah kepemimpinan Steve McClaren menjadi tim terpopuler ketiga setelah Brazil dan Spanyol untuk Piala Dunia.

Banyak pemain era McClaren yang tetap dipertahankan, termasuk bek tengah Rio Ferdinand dan John Terry, gelandang Frank Lampard dan Steven Gerrard, serta pencetak gol terbanyak Rooney.
(Uu.S022/I015/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010