Johannesburg (ANTARA News) - Keluarga Nelson Mandela pada hari Kamis menyatakan bahwa mantan pemimpin Afrika Selatan berusia 91 tahun itu terlalu lemah untuk menghadiri pembukaan Piala Dunia.

"Saya, sebagai anggota keluarga, bersama keluarga, telah mengambil keputusan bahwa kakek saya berusia 92 tahun, akan benar-benar suatu tantangan untuk membawanya ke luar di hari musim dingin yang sangat dingin dan menyaksikan pertandingan sepak bola," kata cucunya, Mandla Mandela, kepada Kantor Berita Prancis, AFP.

"Kami, sebagai warga Afrika Selatan dan masyarakat internasional perlu mulai mempertimbangkan kesehatannya. Saya benar-benar tahu bahwa ia tidak akan menghadiri pertandingan pembukaan."

Mandla Mandela berbicara tersebut setelah Menteri Olahraga Afrika Selatan mengatakan ikon perjuangan antiapartheid itu berencana menghadiri pertandingan pertama pada 11 Juni dan pertandingan final sebulan kemudian.

"Ia meminta empat tiket untuk upacara pembukaan dan penutupan, dan panitian telah memenuhi keinginannya," kata Menteri Olahraga Makhenkeshi Stofile di surat kabar The Star.

Seorang juru bicara Kongres Nasional Afrika (ANC) yang berkuasa juga memberitahu AFP bahwa Mandela "akan menghadiri pertandingan pembukaan dan penutupan Piala Dunia."

Atas pertanyaan tentang pernyataan-pernyataan dari pemerintah dan ANC, Mandla Mandela mengatakan, "Saya tidak tahu dari mana mereka mendapat persetujuan itu."
(Uu.S005/I015/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010