Pretoria (ANTARA News) - Pelatih Italia, Marcello Lippi, rupanya jengah juga menghadapi kritik yang mengatakan skuadnya terlalu tua untuk mempertahankan gelar Piala Dunia yang telah diraihnya empat tahun lalu.

"Ya kami punya pemain-pemain tua tetapi dari usia datang karisma dan pengalaman bermain di laga-laga besar," ujar Lippi, Rabu (9/6), begitu tiba di Afrika Selatan, seperti yang dikutip Telegraph.

"Menurut saya kami punya paduan yang cocok antara pemain muda dan tua. Kami punya enam pemain dari Piala Dunia 206, kurang dari 50 persen. Saya belum pernah melihat tim mana pun yang memenangkan Piala Dunia tampil kembali empat tahun kemudian dengan 23 pemain baru," ketus Lippi.

Lippi memang masih memakai jasa pemain seperti Fabio Cannavaro (36), Gianluca Zambrotta (33), dan Mauro Camoranesi (33) tetapi beberapa pemain muda juga diboyong mantan pelatih Juventus itu seperti Salvatore Bocchetti, Leonardo Bonucci, dan Domenico Criscito yang masing-masing berusia 23 tahun.

Rata-rata usia skuad Italia 28 tahun sembilan bulan dan media-media Italia terus mengritik tim nasional Italia selama beberapa minggu terakhir.

"Ketika Piala Dunia datang setiap orang selalu ingin memasukan pendapat mereka," kata Capello.

Sementara itu, dengan absennya Andrea Pirlo dari keseluruhan laga penyisihan Italia di Grup F, maka Italia praktis tanpa pemain bintang.

"Seorang pemain tidak akan memenangkan Piala Dunia sendirian. Tidak ada lagi superstar di Italia dan tidak seorang pun yang saya abaikan dari tim nasional akan bisa mengangkat aspek skill dari tim ini," tegas Lippi menjawab kritikan terhadap keputusannya yang tidak membawa Antonio Cassano dan Mario Balotelli.

Lippi dan skuadnya yang berstatus sebagai juara bertahan akan berhadapan dengan Paraguay di laga pertama mereka di Grup F, lalu akan disusul dengan Selandia Baru, dan Slowakia.
(Ber/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010