Durban (ANTARA News/Reuters) - Jerman membuka perburuan gelar juara untuk yang keempatkalinya di Piala Dunia, dengan menghancurkan Australia 4-0 pada pertandingan pertama mereka di Grup, Minggu (Senin dinihari WIB).

Pemain depan Lukas Podolski dan Miroslav Klose memberi Jerman keunggulan 2-0 pada paruh pertama pertandingan tersebut dan kemudian pemain sayap Thomas Mueller dan pemain pengganti Cacau menambah gol mereka setelah turun minum.

Australia, yang memulai setiap babak dalam pertandingan itu dengan cemerlang dan bertarung dengan gagah berani, harus bermain pada 34 menit terakhir dengan 10 pemain, setelah Tim Cahill mendapat kartu merah langsung karena melakukan pelanggaran pada Bastian Schweinsteiger.

Jerman memimpin Grup D di atas Ghana, yang mengalahkan Serbia 1-0 dalam pertandingan pertama hari Minggu itu di Pretoria.

Adalah tiga serangkai sang kapten Philipp Lahm, Mesut Ozil, dan Mueller, yang meletakkan dasar untuk kemenangan tersebut saat tim muda Jerman bermain dari sayap untuk menembus pertahanan Australia.

Pada menit kedelapan, Ozil melepaskan umpan pada Mueller, yang terlihat seperti akan berada di posisi "offside" dan umpannya yang memotong ke belakang, memberi kesempatan Podolski untuk melesakkan bola ke gawang melalui lengan Mark Schwarzer.

Klose seharusnya bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-24 saat dia melepaskan tembakan dari umpan silang Podolski namun melebar, namun kemudian dia menebusnya dua menit kemudian.

Lahm melepaskan umpan tinggi dari sisi kanan, Schwarzer mencoba keluar dari posisinya namun sundulan Klose lebih cepat dan menusuk ke gawang yang sudah kosong. Gol ini merupakan gol ke-49 Klose.

Saat semangat tim Australia dilemahkan dengan diusirnya Cahill, Mueller mendapat balasan dari penampilannya yang bagus dari sisi kanan, saat dia menemukan ruang di dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan yang menjebol gawang dengan lebih dulu membentur bagian bawah tiang gawang pada menit ke-68.

Cacau, yang baru saja menggantikan Klose, menambah gol bagi Jerman dua menit kemudian setelah Ozil lolos dari perangkap "offside" dan menyodorkan bola pada penyerang Stuttgart itu. (I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010