Jakarta (ANTARA) - “Portrait photography” atau fotografi potret merupakan salah satu kegiatan yang menantang kreativitas. Mengapa demikian? Karena fotografer dituntut untuk bisa bekerja sama dengan subjek foto untuk menghadirkan gambar yang berbeda di setiap jepretan sekaligus membuat potret yang unik.

Foto portrait mengunggulkan orang sebagai subjek utama foto. Mimik, raut muka, atau emosi yang terpancar dari subjek akan menentukan foto terlihat lebih hidup dan menarik untuk dilihat.

Tren ini pun tidak pernah ketinggalan zaman dan masih terus dilakukan di saat ini, di era kecanggihan ponsel untuk menghadirkan foto portrait terbaik untuk penggunanya.

Agar lebih mengenal macam dan jenis “portrait photography” simak penjelasannya di bawah ini seperti dikutip dari siaran pers OPPO:

Portrait Klasik
Portrait Photography bertema kasik portrait karya Nicoline Patricia. (ANTARA/HO/OPPO Indonesia)


Potret bertema klasik menjadi salah satu “portrait photography” yang sudah ada sejak zaman dulu namun tetap menjadi tema yang tidak pernah lekang oleh waktu.

Misalnya seperti potret klasik yang dihasilkan dengan menggunakan perangkat OPPO Reno4 karya Nicoline Patricia.

Hasilnya nampak foto subjek yang mirip dengan lukisan. Jika kamu ingin mencoba di rumah, maka cukup ambil kursi sebagai penyangga dan pastikan subjek berdiri pada sudut 45 derajat dari kamera.

Jangan lupa kamu perlu memadupadankan unsur pakaian dan aksesori serta elemen-elemen pendukung seperti bunga, backdrop, dan pencahayaan yang tepat.

Color Portrait
Portrait Photography bertema color portrait karya Raja Siregar. (ANTARA/HO/OPPO Indonesia)


Akhir-akhir ini tren fotografi portrait yang berkembang mengarah ke pemakaian warna yang mencolok alias ngejreng.

Saat ini sudah banyak ponsel yang bisa menghasilkan foto dengan latar belakang gambar menjadi hitam-putih, sedangkan subjek orang tampil sesuai dengan warna aslinya.

Sebagai contoh foto di atas yang dihasilkan oleh Raja Siregar menggunakan fitur OPPO “AI Color Portrait”.

Portrait Luar Ruang
Portrait Photography bertema outdoor portrait karya Victor Tjaja. (ANTARA/HO/OPPO Indonesia)


Dibandingkan pemotretan di studio atau di dalam ruangan, gaya pemotretan di luar ruang akan menghasilkan foto yang terlihat lebih alami.

Potret semacam ini cenderung menyajikan hasil yang lebih indah, apalagi foto yang dilakukan secara candid atau diam-diam.

Fotografer bebas bereksperimen dengan latar yang berbeda dan pose berbeda, seperti pada jepretan Victor Tjaja, yang membuat gambar tampak sangat berwarna.

Foto ini diambil dengan perangkat OPPO Reno5 yang memiliki kamera ciamik dengan peningkatan OPPO Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System.

Sistem ini mampu meningkatkan kualitas foto portrait dengan subjek manusia dan video sebagai latar belakang.

Kalian bisa mencoba beberapa gaya dari macam “portrait photography” di atas terutama untuk kamu yang mencari aktivitas saat di rumah saja.

Baca juga: Tips berfoto gaya natural saat Lebaran

Baca juga: Tips memaksimalkan ponsel untuk fotografi malam hari

Baca juga: Tips memotret "sunset" pakai smartphone ala Dion Wiyoko

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021