Bloemfontein, Afrika Selatan (ANTARA News) - Keisuke Honda mempersembahkan kemenangan bersejarah bagi Jepang saat melawan Kamerun pada pertandingan Grup E Piala Dunia di Bloemfontein, Senin.

Selain membuat Jepang unggul 1-0 hingga akhir pertandingan, gol Honda juga merupakan penanda kemenangan tim Samurai Biru untuk pertama kalinya di luar wilayahnya sepanjang sejarah keikutsertaannya di Piala Dunia, demikian laporan Reuters.

Sebenarnya Kamerun lebih dijagokan untuk menang dalam pertandingan melawan Jepang yang sebelumnya tampil kurang meyakinkan. Tapi Jepang dibawah kepelatihan Takeshi Okada memutar balik keadaan berkat gol satu-satunya yang diciptakan Honda di menit ke-39.

"Sebelumnya tim kami memang jarang memetik hasil bagus dan sejujurnya semangat tim tidak terlalu baik hari ini tapi kami sudah memberikan usaha yang terbaik dan kami memperoleh hasil yang menggembirakan hari ini," kata Honda yang menjadi pemain terbaik dalam pertandingan itu.

Sebelumnya tidak ada di antara dua tim ini yang bisa memecah kebuntuan pada babak pertama sampai akhirnya Daisuke Matsui memberikan umpan dari arah kanan dan melewati beberapa pemain belakang Kamerun. Bola itu berhasil disambut Honda yang langsung mengarahkan bola ke gawang Kamerun dan menciptakan gol.

Empat menit setelah babak kedua dimulai, Kamerun sempat menciptakan peluang untuk menyamakan kedudukan melalui aksi Samuel Eto`o yang menusuk dari sisi kiri pertahanan Jepang dan melepas umpan ke kotak penalti yang disambar Macim Choupo-Moting. Namun usahanya gagal merobek gawang tim Samurai Biru itu.

Kamerun terus mencoba mengejar ketinggalan, tapi Achille Emana, Mohamadou Idrissou, dan Geremi tidak dapat menembus pertahanan Jepang.

Sebaliknya Jepang sempat memiliki kesempatan menambah gol saat kapten Makoto Hasebe melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi bola akhirnya bisa ditangkap kiper Souleymanou yang harus menjatuhkan diri demi menyelamatkan gawangnya.

Saat pertandingan tersisa lima menit, Kamerun sempat memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan dengan Jepang saat tendangan keras Stephane Mbia gagal dijangkau kiper Eiji Kawashima, namun bola masih membentur mistar gawang.

Di menit-menit akhir Pierre Webo sempat mengarahkan tendangannya ke gawang Jepang, tapi lagi-lagi Kawashima melakukan upaya penyelamatan yang baik.

Selanjutnya Jepang akan menghadapi favorit juara grup Belanda di Durban hari Sabtu.

"Pertandingan selanjutnya adalah melawan Belanda jadi kami harus bersiap-siap. Kemenangan hari ini adalah prestasi pertama kami sebagai tim tandang yang bermain di Piala Dunia. Tapi yang paling penting adalah bersiap untuk menghadapi pertandingan berikutnya," kata pelatih Jepang Takeshi Okada. (A051/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010