Jakarta (ANTARA News) - Bek Muda Selandia Baru, Wiston Reid mencetak gol penyeimbang dan poin pertama bagi "The All Whites" dalam laga melawan Slowakia pada lanjutan penyisihan Grup F Piala Dunia Afrika Selatan yang berlangsung di Stadion Royal Bakofeng, Rustenberg, Selasa.

Gol yang merupakan torehan pertama Reid di pentas internasional membenamkan kembali Slowakia yang telah unggul terlebih dahulu di menit 50 lewat aksi Robert Vittek.

Aksi pemain berusia 21 tahun itu menggagalkan ambisi Slowakia untuk langsung meraih kemenangan di penampilan perdananya di Piala Dunia dan merajai Grup F setelah Italia hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan Paraguay, Selasa dini hari.

Selandia Baru sebenarnya nyaris kalah dan terjembab ke dasar klasemen Grup F setelah Vittek berhasil menyudul umpan silang matang dari Stanislav Sestak di lima menit babak kedua berlangsung.

Kombinasi umpan pendek cepat dan "crossing yang diperagakan Slowakia memang merepotkan lini belakang tim yang berjuluk "All White" itu tetapi penampilan lugas Reid sebagai bek tengah berhasil menahan gempuran-gempuran negara pecahan Cekoslowakia itu.

Berkat aksi garang Reid pula satu peluang emas Vittek untuk menggandakan keunggulan Slowakia di menit ke-68 berhasil digagalkan.

Digantikannya Sestak di menit ke-81 lalu menyusul pencetak gol Vittek di menit ke-85 memang menyebabkan tumpulnya lini depan Slowakia yang terkesan ingin bermain bertahan.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Selandia Baru yang baru dua kali tampil di Piala Dunia. Tekanan demi tekanan dilancarkan anak-anak asuh Ricky Herbert.

Alhasil di menit ke-92, Reid yang berani meninggalkan posisinya, maju membantu lini depan berhasil melesakan bola ke gawang Jan Mucha lewat sundulan kerasnya memanfaatkan umpan silang terukur Shane Smeltz.

Dengan hasil imbang, semua tim di grup F hanya mengoleksi masing-masing satu poin setelah Italia dan Paraguay juga bermain imbang dini hari tadi.

Selandia Baru selanjutnya akan menghadapi Italia 20 Juni mendatang dan di hari yang Slowakia berhadapan dengan Paraguay.(*)
(Ber/R009))

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010