Durban, Afrika Selatan (ANTARA News/AFP) - Swiss mencatat kemenangan pertama mereka atas tim yang difavoritkan di Piala Dunia, Spanyol, Rabu, dan pelatih Ottmar Hitzfeld menyebutnya sebagai `hadiah` tiga poin yang tidak diperkirakan sebelumnya namun sangat berarti.

Gelandang Swiss Gelson Fernandes mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan Grup H tersebut pada menit ke-51, meskipun Spanyol lebih mendominasi dalam penguasaan bola.

"Sasaran kami hari ini adalah memiliki dua barisan pemain yang rapat, dengan dua pemain berada di depan," kata pelatih asal Jerman itu, yang mengantar Bayern Munich merebut tujuh gelar Bundesliga dan menjadi salah satu dari tiha pelatih yang menjuarai Liga Champions dengan dua klub yang berbeda (Bayern and Borussia Dortmund).

"Saya mengatakan pada mereka jangan menghabiskan energi untuk bola, tapi fokus saja pada pertahanan dan menunggu saat yang tepat untuk melakukan serangan balik," katanya.

"Jika ada memainkan sepak bola menyerang melawan Spanyol, anda akan kebobolan gol seperti yang lain. Kami mengorganisir dengan baik. Tidak ada banyak peluang di babak pertama, tidak ada serangan gencar di kotak kami dan itu memberi kami kepercayaan diri."

"Pada babak kedua, Spanyol melalukan satu serangan setelah serangan lain. Kami sadar mereka harus membuka pertahanan mereka dan kami tahu bahwa ada peluang untuk melakukan serangan balik. Kami juga tahu tidak akan ada banyak peluang seperti itu."

Hitzfeld menambahkan, "Sangat bagus mengawali turnamen ini dengan tiga poin yang tak terduga melawan salah satu penantang terbesar untuk merebut juara."

"Saya sangat senang melihat perfoma yang tangguh. Saya merasakan kepuasaan yang luar biasa."

"Ini awal yang sangat bagus dan betul-betul yang kami butuhkan. Kami sekarang akan menghadapi pertandingan melawan Chili dengan tekad dan kepercayaan diri yang luar biasa, yang mana kami perlu butuh mengatasi tantangan yang lebih sulit di depan."

Swiss akan melawan Chili di Port Elizabeth pada 21 Juni dan melawan Honduras empat hari kemudian di Bloemfontein, namun Hitzfeld mengatakan bahwa dia dan timnya ingin menikmati lebih dulu kemenangan pertama mereka atas Spanyol dalam 19 pertandingan dan 85 tahun.

"Saya betul-betul sadar kami telah membuat sejarah dan itu akan tercatat dalam buku sejarah, untuk pertamakalinya Swiss mengalahkan Spanyol, namun ada yang pertama untuk segalanya," katanya.

"Ini sebuah hadiah yang kami senang menerimanya. Dan kini kami akan benar-benar fokus. Kami akan lebih dulu merayakan kalau kami sudah memenangi pertandingan penting dan setelah itu akan berusaha memperkuatnya melawan Chili dan membukukan tempat di 16 besar."

Pencetak gol Fernandes menambahkan, "ini momen istimewa bagi tim nasional Swiss dan bagi negara."

"Tapi kami perlu tetap fokus pada pertandingan berikutnya. Menang melawan Spanyol perlu sedikit keberuntungan dan itulah yang kami peroleh hari ini," kata Fernandes. (I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010