Jakarta (ANTARA News) - Agen pemain asing dari Ligina Sportindo, Eddy Syahputra, tetap mengidolakan Timnas Spanyol bersinar di Piala Dunia 2010.

"Saya tetap mengidolakan Spanyol. Walaupun mengalami nasib buruk kalah 0-1 melawan Timnas Swiss," kata Eddy ditemui di PSSI di Jakarta, Kamis.

Agen pemain asing yang memasok untuk Liga Indonesia ini menegaskan Spanyol memiliki kualitas pemain yang hampir merata di setiap lini.

"Kalau bicara kualitas yang ada di timnas Spanyol," katanya.

Kekalahan sepak bola menyerang Spanyol dari apa pun jenis sepak bola Swiss dalam laga penyisihan Group H Piala Dunia Afrika Selatan di Stadion Durban, mengejutkan para penggemarnya.

Swiss hanya menguasai bola 24 persen dan dua tendangan mengarah ke gawang dari sembilan percobaan, Swiss bisa menjungkalkan Juara Eropa 2008 itu.

Aksi Gelson Fernandez di menit 52 lewat serangan balik berhasil menjebol gawang Iker Casilas.

Sementara Spanyol menguasai 76 persen aliran bola dan melepaskan 25 tendangan, sembilan di antaranya berhasil dihalau penjaga gawang Diego Benaglio dan menghantam mistar gawang.

"Masih ada dua pertandingan sisa yang harus dimenangkan Spanyol. Argentina saja pernah kalah di babak penyisihan dan mampu merebut piala dunia. Selain Spanyol. Saya juga melihat kualitas Jerman juga cukup baik," kata Eddy Syah.

Spanyol berharap mencuri angka penuh saat melawan Honduras 22 Juni mendatang, untuk menjaga peluang lolos ke babak 16 besar tetap terbuka.

Sedang Swiss akan menghadapi Chile 21 Juni dalam lanjutan penyisihan Grup H, tim yang bermain dengan gaya total menyerang saat mengalahkan Honduras 1-0.(*)

T009/S005

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010