Johannesburg, Afrika Selatan (ANTARA News/AFP) - Gol telat gelandang Michael Bradley membawa Amerika Selatan (AS) mengejar ketertinggalan dan menahan 2-2 Slovenia dalam pertandingan Grup C Piala Dunia, Jumat malam, untuk memunculkan harapan lolos ke babak 16 besar.

Slovenia sepertinya akan memenangi pertandingan kedua mereka dalam turnamen ini dan secara tidak terduga akan menjadi tim pertama grup tersebut yang melaju ke babak 16 besar, setelah mereka unggul 2-0 memasuki masa istirahat, berkat gol dari gelandang Valter Birsa dan penyerang Zlatan Ljubijankic, sebelum AS berjuang untuk memaksakan hasil imbang.

Sayap kanan Landon Donovan mencetak gol yang luar biasa pada menit ke-48 sebelum mencetak gol penyama kedudukan pada delapan menit menjelang pertandingan berakhir setelah penyerang AS Jozy Altidore memberikan umpan melalui kepala dalam kotak penalti dan Bradley - putra sang pelatih Bob - meneruskan menjadi gol.

Slovenia memulai pertandingan dengan sempurna ketika pemain Auxerre Birsa mencetak gol dari jarak 30 meter menipu kiper AS Tim Howard pada menit ke-13.

Bek tengah Oguchi Onyewu yang berupaya menghadang tendangan tersebut justru tampak menghalangi pandangan kiper.

Bek Tengah Slovenia Bostjan Cesar kemudian mendapatkan kartu kuning pertama pada pertandingan setelah melanggar Altidore pada menit ke-35 dan tendangan bebas Francisco Torres sempat memaksa kiper Slovenia menyelamatkan gawangnya.

Ancaman AS semakin meningkat menjelang berakhirnya babak pertama, dan tendangan Bradley diselamatkan tepat di garis gawang, namun justru penyerang Robbie Findley yang diganjar kartu kuning akibat handball dan absen di laga selanjutnya melawan Aljazair, Rabu mendatang di Pretoria.

Namun tiga menit menjelang berakhirnya babak pertama Ljubijankic menembus pertahanan AS setelah menerima umpan terobosan dan mengecoh kiper asal Everton Howard, membuat timnya unggul 2-0 ketika memasuki masa istirahat.

Pelatih AS Bradley kemudian melakukan dua pergantian ketika memasukkan Maurice Edu sebagai gelandang bertahan dan Benny Feilhaber sebagai penyerang sayap.

Hal ini membuahkan hasil ketika Donovan, setelah menerima umpan jarak jauh, mampu menerobos hingga kotak penalti dan membuat gol di pojok gawang melewati kiper Samir Handanovic, tiga menit memasuki babak kedua.

Bek tengah Slovenia Marko Suler kemudian terkena kartu kuning pada menit 69 setelah menghalangi upaya Altidore memasuki kotak penalti, dan hadiah tendangan bebas AS mampu dihadang oleh Handanovic.

Ditengah upaya AS untuk mencetak gol, sayap kiri Slovenia Andraz Kirm mendapat kartu kuning seperti Bojan Jokic, yang melakukan pelanggaran kepada Donovan sebelum gol Bradley datang.

AS kemudian secara sensasional unggul ketika Edu mencetak gol menjelang pertandingan usai, namun gol tersebut dinyatakan offside.

Kedua tim akan memainkan pertandingan terakhir mereka dalam penyisihan grup ketika Slovenia menghadapi Inggris dan AS melawan Aljazair.

Sebelumnya, Inggris akan berhadapan terlebih dahulu dengan Aljazair di Cape Town.(*)

(Uu.S034/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010