Rustenberg (ANTARA News/AFP) - Ghana memimpin Grup D setelah bermain imbang 1-1 dengan 10 pemain Australia di Stadion Royal Bakofeng, Sabtu. Ghana memimpin satu angka diatas Jerman dan Serbia setelah mendapatkan perlawanan ketat dari Australia, yang kehilangan Harry Kewell akibat kartu merah, kemudian berakibat hukuman penalti pada babak pertama.

Australia yang mencoba menyelamatkan peluang mereka dalam turnamen setelah kekalahan telak atas Jerman 0-4, akan menghadapi ujian berat untuk mengalahkan Serbia, Rabu (23/6) dan berharap Jerman mengalahkan Ghana untuk mencapai babak 16 besar.

Ghana mampu menyamakan kedudukan setelah tertinggal oleh gol Australia pada menit ke-11, melalui penyerang Asamoah Gyan pada menit ke-25 lewat titik penalti dan kedua tim memiliki banyak peluang dalam pertandingan yang ketat.

Kewell dikartumerahkan setelah menahan tendangan Gyan dan bola mengenai lengan kanannya.

Wasit Italia Roberto Rosetti mengeluarkan kartu merah langsung untuk Kewell disertai hujan protes dari para rekan setimnya.

Mark Schwarzer gagal membaca arah tendangan Gyan dan kedudukan menjadi imbang serta Australia bermain dengan 10 pemain dalam waktu tersisa.

Ini merupakan kartu merah kedua bagi Australia setelah Tim Cahill dikeluarkan ketika melawan Jerman.

"Sekarang kami harus mengalahkan Serbia dengan tiga gol. Ini sulit namun kami masih memilki peluang," ujar Pelatih Australia Pim Verbeek.

"Walau bermain dengan sepuluh pemain, kami tetap berjuang sepanjang pertandingan. Untuk penalti, saya tidak yakin itu handball yang disengaja. Saya tidak melihatnya namun itu tidak bisa diubah,"

"Kami hanya perlu bersabar," ujar Gyan yang bangga timnya mampu pulih dari ketertinggalan.

"Kami memulai pertandingan dengan lambat pada 15 menit pertama dan mereka mampu memanfaatkannya, namun kami bisa pulih," ujarnya.

Australia beruntung mampu memanfaatkan peluang ketika gelandang Brett Holman, yang menggantikan peran Cahill, mencetak gol memanfaatkan tendangan bebas Mark Bresciano pada menit ke-11.

Tendangan bebas Bresciano melewati pagar pemain Ghana dan kiper Richard Kingson gagal menangkap bola untuk kemudian Holman mencetak gol ketiga internasionalnya.

Pelatih Pim Verbeek kemudian memasukkan Scott Chipperfield dan Josh Kennedy untuk menambah daya serang ketika Australia berupaya mencetak gol dalam 20 menit waktu tersisa.

Australia sempat menekan Ghana dan memiliki peluang emas pada menit ke-72 ketika Luke Wilkshire dan Kennedy menguji kesigapan Kingson.

Ghana bermain tanpa kapten John Mensah yang gagal melewati tes kebugaran, dan perannya digantikan oleh Jonathan Mensah, sementara bek tengah Isaac Vorsah ditinggalkan dan Lee Addy menggantikannya.

Sementara Kewell dan Mark Bresciano masuk dalam tim yang melakukan empat perubahan dari pertandingan melawan Jerman.

Kedua tim telah bertemu selama tujuh kali, dimana Australia menang empat kali dan Ghana dua kali. (*)
(Uu.S034/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010