Bloemfontei (ANTARA News) - Dalam pertandingan Selasa malam di stadion Free State, Afrika Selatan terlihat mengambil keuntungan dari tim Prancis yang kurang bersemangat setelah kehilangan Yoan Gourcuff di menit ke-25 karena diganjar kartu merah.

Tim tuan rumah akhirnya memenangi pertandingan dengan skor 2-1 di depan 39.415 penonton yang menyaksikan kemenangan pertama Bafana Bafana atas tim kuat sekelas Prancis.

Gourcuff yang di menit ke-25 bermaksud menyundul bola ke gawang Afsel dihukum kartu merah oleh wasit karena menyikut Macbeth Sibaya walaupun aksi itu kelihatannya tidak disengaja.

Kartu merah Gourcuff dilayangkan wasit lima menit setelah Afsel mencetak gol lewat sepak pojok Tshabalala yang langsung disundul Khumalo ke arah gawang Prancis.

Di menit ke-37 gawang kiper Hugo Lloris kembali kebobolan berkat operan Tsepo Masilela dari sisi kiri yang langsung disambar Mphela.

Mphela sebenarnya memiliki kesempatan mencetak gol lagi lima menit setelah babak kedua dimulai, namun tembakannya masih mengenai tiang gawang.

Prancis yang pada babak kedua menurunkan Thierry Henry akhirnya mengejar ketinggalan dengan mencetak satu gol di menit ke 70. Gol dicetak oleh pemain pengganti Florent Malouda setelah menerima umpan matang dari Franck Ribbery.

Senin lalu pemain Prancis menolak menjalani sesi latihan sebagai protes dipulangkannya penyerang Nicolas Anelka karena berseteru dengan pelatih Raymond Domenech. Kapten Patrick Evra juga tidak dimainkan dalam laga melawan Afsel Selasa setelah berselisih dengan pelatih fisik tim Prancis karena masalah yang sama.

Reuter/A051/S005

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010