Jakarta (ANTARA News) - Korea Selatan akhirnya mendampingi juara Grup B Argentina maju ke babak 16 besar setelah pada pertandingan Rabu dini hari ini di Durban Stadium bermain seri 2-2 dengan Nigeria.

Kepastian sertanya Korea Selatan ke babak 16 besar, setelah Argentina bermain tanpa kompromi tetap ngotot memenangkan laganya melawan Yunani dengan skor 2-0.

Dua gol Argentina diciptakan oleh bek tengah Martin Demicheis pada menit 75, sementara Martin Palermo sukses mencetak yang kedua setelah memanfaatkan bola muntah dari kiper Yunani Alexandros Tzorvas yang menepis tendangan Lionel Messi.

Korsel tertinggal 0-1 setelah Kalu Uche berhasil mengonversi umpan Chidi Odiah di menit 12 menjadi gol setelah barisan pertahanan Korsel kecolongan menghadapi gebrakan Nigeria.

Korea Selatan yang dalam pertandingan itu unggul dalam penguasaan bola, tersengat oleh gol itu dan secara membahana berusaha menjebol gawang Nigeria.

Akhirnya pada menit 38, bermula dari tendangan bebas Ki Lung-Yeung, bek Korsel Lee Jung-Soo mampu meneruskan umpan rekannya itu ke gawang Nigeria yang dijaga Enyema setelah sebelumnya mengelabui bek Nigeri Rabiu Afolabi. Skor 1-1.

Di awal babak kedua, pada menit 49, Korsel berbalik unggul 2-1, setelah Park Chu-Young meluncurkan tendangan bebas berbuah gol dan merupakan tendangan bebas pertama yang langsung berbuah gol di turnamen Piala Dunia kali ini.

Keunggulan Korsel gagal dipertahankan sampai akhir pertandingan, setelah pada menit 69 Yakubu Aiyegbeni sukses menjadi algojo di kotal penalti menyusul pelanggaran yang dilakuakn Kim Nam-Il terhadap Chinedu Ogbuke.

Namun dengan mencetak empat poin, lima poin di bawah Argentina, Korsel lolos mendampingi Argentina mengungguli Nigeria dan Yunani yang hanya mengoleksi masing-masing 1 dan 3 poin.

Hasil Pertandingan:
Korea Selatan vs Nigeria 2-2
pencetak gol: Kalu Uche, Lee Jung-Soo, Park Chu-Young, dan Yakubu Aiyegben

Argentina vs Yunani 2-2
pencetak gol: Martin Demicheis, Martin Palermo

Susunan pemain:
Nigeria
Vincent Enyeama, Danny Shittu. Joseph Yobo, Uwa Echiéjilé, Rabiu Afolabi, Chidi Odiah, Dickson Etuhu, Yussuf Ayila, Kalu Uche, Chinedu Ogbuke, Yakubu Aiyegbeni, Victor Obinna, Nwankwo Kanu, Obafemi Martins

Korea Selatan
Jung Sung-Ryong, Lee Jung-Soo, Cho Yong-Hyung, Lee Young-Pyo, Cha Du-Ri, Ki Sung-Yueng, Kim Jae-Sung, Kim Jung-Woo. Park Ji-Sung, Lee Chung-Yong, Park Chu-Young, Kim Dong-Jin, Yeom Ki-Hun. Kim Nam-Il

Wasit: Olegario Benquerenca (Portugal)

Argentina: Sergio Romero, Nicolás Burdisso, Martín Demichelis, Clemente Rodríguez, Nicolás Otamendi, Juan Sebastián Verón, Mario Bolatti, Maxi Rodríguez, Ángel Di María, Sergio Agüero, Javier Pastore, Diego Milito, Martín Palermo, Lionel Messi.

Yunani: Alexandros Tzorvas, Avraam Papadopoulos, Sotirios Kyrgiakos, Vangelis Moras, Vasilis Torosidis, Christos Patsatzoglou, Loukas Vyntra, Giorgos Karagounis, Nikos Spyropoulos, Sokratis Papastathopoulos, Kostas Katsouranis, Sotiris Ninis, Alexandros Tziolis, Georgios Samaras

Wasit: Ravshan Irmatov (Uzbekistan)

AFP/ESPN/jafar sidik

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010