Johannesburg (ANTARA News/Reuters) - FIFA akan menjual kembali 5.000 tiket untuk pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2010 setelah tuan rumah Afrika Selatan dan Prancis tersingkir di penyisihan grup.

Seluruh tiket tersebut sebelumnya sudah dipesan oleh suporter tim Bafana Bafana dan Les Bleus dengan harapan bisa menyaksikan tim kesayangannya berlaga di babak selanjutnya. Namun yang terjadi kedua tim malah tersingkir dengan Uruguay dan Meksiko sebagai wakil grup A yang melaju ke babak 16 besar.

"Sebelumnya kami menerima pengembalian tiket dari beberapa pemesan yang merupakan suporter fanatik tim-tim yang sudah tersingkir seperti Prancis dan Afsel," kata juru bicara FIFA Pekka Odriozola Rabu.

Ada 4.000 tiket yang tersedia untuk pertandingan pertama babak 16 besar antara Korea Selatan melawan Uruguay Sabtu di stadion Nelson Mandela Bay pukul 21.00 WIB. Sedangkan 1000 tiket sisanya disediakan untuk pertandingan antara Argentina melawan Meksiko Senin pukul 01.30 WIB di Soccer City.

FIFA pernah dikritik atas kebijakannya menerapkan sistem pembelian tiket secara online yang dinilai mendiskreditkan masyarakat miskin Afsel yang tak punya akses internet. Namun kemudian FIFA akhirnya memutuskan untuk membuka loket-loket pembelian tiket secara manual yang menyebabkan antrian panjang dimana-mana.

FIFA menyatakan sekitar 97 persen tiket sudah terjual walau masih ada beberapa kursi kosong yang terlihat di stadion.(*)
(A051/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010