Port Elizabeth (ANTARA News/Reuters) - Penyerang Inggris Jermain Defoe menyelamatkan Inggris dari ancaman tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia 2010 dengan gol yang dibuatnya di pertengahan babak pertama dalam pertandingan menentukan melawan Slovenia, Rabu.

Defoe membuat gol di menit ke-23 setelah menerima umpan dari James Milner. Skor 1-0 untuk Inggris akhirnya bertahan hingga akhir pertandingan dan membuat Inggris lolos ke babak 16 besar bersama Amerika Serikat yang memenangi pertandingan melawan Aljazair dengan skor 1-0.

Dengan rekor satu kali menang dan sekali seri, sebenarnya Slovenia berpeluang untuk lolos ke babak selanjutnya walaupun dikalahkan Inggris di pertandingan Rabu malam. Namun, keadaan berubah karena AS berhasil mengalahkan Aljazair dan membuat Paman Sam menjadi juara grup dengan lima poin, sama dengan poin yang dikumpulkan Inggris. Namun peringkat Inggris berada di bawah AS dalam klasemen akhir grup C karena selisih gol.

Di babak 16 besar, Inggris akan berhadapan dengan juara grup D yang masih belum ditentukan antara Ghana, Jerman, Serbia atau Australia. Ghana akan berhadapan dengan Jerman Kamis pukul 01.30 di Soccer City sedangkan Australia akan melawan Serbia di waktu yang sama di stadion Nelspruit.

Dalam pertandingan melawan Slovenia, Inggris terlihat sangat terkontrol dan bermain bagus berbeda dengan penampilan buruk mereka di dua pertandingan sebelumnya yang berakhir dengan skor seri.

"Kami bermain bersama dan kami berjuang bersama. Saya akhirnya menemukan lagi karakter tim yang saya kenal sebelumnya. Kami bisa menghadapi lawan-lawan berikutnya karena pikiran pemain kini sudah bebas, tanpa ketakutan atau keraguan," kata pelatih Fabio Capello.

Pencetak gol Inggris Jermain Defoe menambahkan "Di tingkat ini akan selalu ada kesulitan. Sangat penting untuk tetap bersemangat. Kami sudah melakukannya dan hasilnya terbukti malam ini,".


Gugup awali pertandingan

Dalam pertandingan melawan Slovenia, Defoe tampil sebagai pemain cadangan menggantikan Emile Heskey di lini depan. Dia ditemani Milner dan Aaron Lennon sebagai penyerang serta Matthew Upson sebagai gelandang.

Inggris memulai pertandingan dengan gugup namun akhirnya segera menemukan permainannya. Rooney terlihat berusaha keras menyerang pertahanan Slovenia bekerjasama dengan Defoe, Milner dan Gerrard.

Serangan-serangan Inggris akhirnya berbuah manis ketika umpan silang James Milner disambar Defoe dan akhirnya mengoyak gawang kiper Slovenia Samir Handanovic.

Tiga menit kemudian Defoe hampir menambah angka lagi saat tendangannya dari luar kotak penalti masih bisa ditepis Handanovic.

Inggris semakin melancarkan serangan di babak kedua namun Defoe dianggap offside sedangkan sundulan Terry masih bisa diselamatkan kiper Handanovic.

Rooney yang banyak menerima kritikan karena tak bisa menyumbang gol di dua pertandingan sebelumnya juga sempat membahayakan pertahanan Slovenia di pertengahan babak kedua. Namun tendangannya masih bisa ditepis kiper Slovenia. Di menit ke-72 Rooney digantikan Joe Cole.

"Saya rasa Wayne akan siap untuk pertandingan berikutnya," kata Capello.

Slovenia sendiri memiliki beberapa kesempatan mencetak gol. Di menit ke-67 Bostjan Cesar menyambar bola yang lepas dari bek Inggris untuk kemudian mengarahkannya ke gawang Inggris. Namun tembakannya masih melebar. Slovenia tetap berusaha menyerang Inggris namun nampaknya hingga akhir pertandingan tidak mampu melewati pertahanan the Three Lions. (A051/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010