Johannesburg (ANTARA News) - Seorang petugas dari Klinik Perjalanan Netcare di Johannesburg mengingatkan agar para penonton tidak saling meminjamkan terompet vuvuzela jika tidak ingin tertular penyakit.

"Vuvuzela bisa saja ditiup oleh mereka yang terinfeksi penyakit dan ludah yang disemburkan ke arah orang lain bisa menularkan penyakit seperti flu," kata Pete Vincent, petugas tersebut.

Pria tersebut juga mengingatkan agar penonton tidak meniup vuvuzela terlalu keras karena bisa merusak tenggorokan, seperti yang dialami oleh seorang wanita Afrika Selatan tidak bisa makan dan berbicara selama dua hari karena tenggorokanya sakit.

Meski Afrika Selatan tidak termasuk negara tujuan yang bersiko tinggi bagi kesehatan, tapi para penonton tetap diharapkan menjaga hal-hal yang bisa membawa resiko saat berada di keramaian.

"Kerumuman penonton saat pertandingan bisa menimbulkan peredaran secara cepat infeksi tertentu seperti flu. Untuk itu, perlu diperhatikan langkah-langkah pencegahan agar Piala Dunia 2010 berlangsung dalam suasana gembira dan sehat," katanya.

Tindakan pencegahan lainnya adalah dengan menggunakan krim pelindung kulit, tidak menenggak alkohol, menggunakan kondom, menutup mulut saat bersin, serta selalu mencuci tangan.

ANT

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010