Johannesburg (ANTARA News) - Meksiko bertekad untuk membalas dendam atas kekalahan mereka di Piala Dunia 2006, ketika menghadapi juara dunia Argentina di babak 16 besar Piala Dunia 2010 Afrika Selatan di Johannesburg, Minggu (27/6).

Empat tahun lalu di Jerman, kedua tim bertemu di babak yang sama dan gol tunggal Maxi Rodriguez saat injury time memastikan kemenangan Argentina yang kemudian di babak perempat-final dihentikan tuan rumah Jerman.

Meksiko dan Argentina kembali bertemu di Stadion Soccer City, Johannesburg, dan pemain tengah Gerardo Torrado menegaskan bahwa timnya siap "bertarung sampai mati" untuk mengalahkan tim asuhan pelatih Diego Maradona itu.

Dalam pertemuan sebelumnya, Argentina menang 11 kali, sementara Meksiko hanya menang empat kali, sepuluh pertemuan lainnya berakhir imbang.

Argentina sempat tertatih-tatih sebelum akhirnya lolos dari babak kualifikasi Zona Amerika Selatan. Tapi di Afrika Selatan, mereka justru tampil mengesankan karena berhasil memenangi seluruh tiga pertandingan penyisihan grup B, menempatkan mereka sebagai favorit juara.

"Kami siap untuk menghadapi pertandingan dan kami harus menikmatinya. Tapi kami akan bertarung titik darah penghabisan untuk meraih kemenangan," kata Torrado kapten tim Meksiko berusia 31 tahun itu seperti yang dikutip fifa.com.

"Dalam pertandingan menghadapi Argentina nanti, kami harus terus melangkah untuk mewujudkan impian kami," katanya.

"Kami harus tampil agresif untuk membuat kiper mereka selalu berada dalam tekanan," katanya menambahkan.

Meksiko berharap, penyerang berusia 21 tahun Carlos Vela yang membela Arsenal, sudah bisa dimainkan pada pertandingan tersebut setelah sebelumnya cedera urat lutut.

Kemampuan menyerang Argentina memang tidak diragukan lag, seperti yang diperlihatkan Gonzalo Higuain saat mencetak tiga gol ke gawang Korea Selatan, tapi kelemahan mereka ada di pertahanan dan itu yang akan dimanfaatkan oleh Meksiko.

Saat Argentina menaklukkan Nigeria, Korea Selatan dan Yunani untuk melaju ke babak 16 besar, penyerang andalan mereka Lional Messi memang belum mencetak gol, tapi justru memberikan peluang kepada rekan-rekannya.

"Saya tidak mencemaskan itu, sebenarnya saya lebih suka mereka yang mencetak gol, tapi itu tidak jadi masalah. Yang penting, kami terus bermain bagus dan tim menang. Jika beruntung, saya akan mencetak gol menghadapi Meksiko," kata Messi.

Pemenang pertandingan Argentina vs Meksiko akan berhadapan dengan pemenang antara Inggris dan Jerman yang akan bertemu, Minggu.

Dari tujuh gol yang telah mereka sarangkan ke gawang lawan, Argentina setidaknya telah membuktikan bahwa mereka bisa mencetak gol, dengan atau tanpa Messi. Meksiko harus menemukan cara bagaimana membongkar pertahanan Argentina.

Jika Vela dalam kondisi bugar, ia bisa memberikan peluang kepada rekan-rekanya yang sejauh ini baru mencetak tiga gol dari tiga pertandingan.

Kiper Argentina Sergio Romero dipastikan harus bekerja keras jika Meksiko berhasil membuat banyak peluang untuk menembus babak perempat-final.(A032/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010