Durban (ANTARA News) - Arjen Robben dan Wesley Sneijder masing-masing mencetak satu gol yang membawa Belanda ke delapan besar Piala Dunia setelah menang 2-1 atas Slovakia di pertandingan babak kedua.

Pemain sayap Robben, yang tampil sejak awal pertandingan untuk pertama kalinya di Afrika Selatan, mencetak gol melalui usaha sendirian di menit ke-18 untuk membuat Belanda unggul, sebelum Sneijder menambah keunggulan timnya enam menit menjelang pertandingan usai.

Robert Vittek mencetak gol hiburan bagi Slovakia melalui tendangan penalti di menit terakhir pertandingan.

Kemenangan tersebut membawa Belanda ke perempat final dan hari Jumat akan berhadapan dengan pemenang antara Brasil melawan Chile, yang bertanding Senin malam (Selasa dinihari, yakni pukul 01.30 WIB).

Selama 71 menit di lapangan, Robben merupakan jantung sebagian besar serangan berbahaya Belanda.

Slovakia, yang menyingkirkan juara bertahan Italia dalam kemenangan mengejutkan 3-2 hari Kamis, mempunyai beberapa kesempatan untuk mencetak gol, tetapi tembakan para pemainnya dapat dipatahkan oleh penjaga gawang Maarten Stekelenburg.

Robben, yang absen dalam dua pertandingan pertama karena cedera urat lutut tetapi menjadi pemain yang menentukan gol Belanda saat sebagai pemain pengganti melawan Kamerun, menjadi pemain bintang dalam pertandingan di stadion Moses Mabhida.

Robben hampir mencetak gol kedua dari posisi serupa di awal babak kedua, tetapi kali ini Mucha mampu menepis bola hasil tendangan Robben itu.

Belanda hampir kebobolan dua kali ketika Miroslav Stoch dan Vittek mendapat kesempatan di menit ke-67, tetapi Stekelenburg mampu mengamankan gawangnya.

Tetapi penentuan pertandingan terjadi di menit ke-84 ketika Dirk Kuyt mampu menaklukkan Mucha dan mengoper bola kepada Sneijder yang melepaskan tembakan ke daerah yang kosong dari kotak penalti.

Di menit ketiga "injury time" Stekelenburg menjatuhkan Martin Jakubko dan Vittek berhasil melaksanakan tugas melakukan tendangan penalti.(S005/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010