Rio de Janeiro (ANTARA News) - Setiba mereka di Brazil setelah pulang cepat secara mengecewakan dari Piala Dunia FIFA di Afrika Selatan, pelatih Dunga dan sejumlah asistennya dipecat, Ahad.

Presiden Konfederasi Sepak Bola Brazil (CBF) Ricardo Teixeira mengeluarkan pernyataan resmi kepada masyarakat, sebagaimana dikutip dari Xinhua-OANA.

Dunga, asisten pelatihnya Jorginho, penyelia Americo Faria dan dokter tim Jose Luiz Runco, semuanya, dibebastugaskan dari tim sepak bola nasional Brazil.

Seperti pada 2002 dan 2006, CBF akan bertemu guna membuat keputusan bersama mengenai siapa pengganti Dunga. Lembaga itu membocorkan rahasia bahwa keputusan mereka mesti dibuat paling lambat pada penghujung Juli.

Sebelumnya beredar desas-desus yang menunjuk kepada mantan kepala pelatih tim nasional Brazil dan orang yang baru saja meletakkan jabatan sebagai kepala pelatih tim sepak bola Palmeiras, Luis Felipe Scolari, atau "Big Phil".

Namun Scolari sudah mengumumkan perhatiannya sekarang hanya tertuju pada tim sepak bola Palmeiras. Nama lain yang juga disebut-sebut ialah kepala pelatih Corinthians, Mano Menezes. Namun Presiden Corinthians Andres Sanches mengumumkan desas-desus semacam itu tidak benar.

Orang ketiga yang mungkin menggantikan Dunga ialah Vanderlei Luxemburgo, yang saat ini menjadi kepala pelatih Atletico-MG. CBF berharap akan dapat menunjuk secara tepat kepala pelatih mereka yang baru.

Brazil masih akan menghadapi dua pertandingan persahabatan pada penghujung tahun ini. Selain itu, pada 2014, Brazil akan menjadi tuan rumah Piala Dunia dan negara tersebut tak ingin dipermalukan di dalam negerinya sendiri.
(C003/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010