Cape Town (ANTARA News) - Pelatih Belanda Bert van Marwijk ingin anak-anak asuhnya mencontoh antusiasme tim Uruguay saat keduanya bertemu dalam laga semi final Piala Dunia di Stadion Green Point, Selasa.

Van Marwijk mengatakan, Senin, sebelum De Oranje memulai laga Piala Dunia ia telah menggunakan tim dari Amerika Selatan itu sebagai contoh, bagaimana berlaga di level seperti ini.

"Jika anda melihat antusiasme mereka, itu bisa dijadikan contoh bagi kita," katanya.

"Anda harus selalu melangkah dengan kekuatan sendiri, dengan cara anda sendiri. Tapi ada hal-hal yang bisa dipelajari dari tim lain."

Ia menambahkan bahwa keberhasilan tim memasuki semi final Piala Dunia merupakan capaian besar bagi negara kecil seperti Belanda. Namun mereka belum puas.

Belanda memulai misinya untuk merebut Piala Dunia sejak Van Marwijk menggantikan posisi Marco van Basten pada Juli 2008.

Pemain kunci De Oranje di turnamen kali ini, tidak diragukan lagi, adalah Dirk Kuyt.

Selama laga pra-kualifikasi Kuyt berperan sebagai penyerang tengah. Kemudian pada tiga laga awal ia berada di sayap kanan namun digeser ke sayap kiri setelah Arjen Robben masuk dalam tim.

"Saya membaca dalam beberapa artikel (mantan manajer Liverpool Rafael) Benitez pernah mengatakan bahwa kalau ia harus membuat susunan pemain, Kuyt adalah pemain pertama yang akan dimasukkan dalam daftar," kata van Marwijk.

"Sama halnya dengan saya. Dia bermain kurang bagus bersama Liverpool saat laga musim lalu, namun Kuyt tetap penting bagi kami," katanya.

"Dengan antusiasme dan upayanya, ia sering memberi sinyal yang tepat dalam pertandingan, dan ini menular ke pemain lain," katanya.

(Uu.SYS/C/S022/B/A008) 06-07-2010 12:50:03

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010