Johannesburg (ANTARA News) - Laga perpisahan kapten Belanda Giovanni van Bronckhorst berakhir dengan pahit. Dia gagal mempersembahkan gelar juara Piala Dunia (PD) karena kalah dari Spanyol di stadion Soccer City (12/7) dini hari.

Gelandang Spanyol Andres Iniesta mencetak gol tunggal di babak perpanjangan waktu untuk memberi kemenangan bagi tim "Matador."

Gol itu sekaligus mengubur mimpi Belanda untuk tampil di final dan berakhir sebagai juara, setelah hanya mampu tampil sebagai finalis tahun 1974 dan 1978.

Pemain berusia 35 tahun itu mengakhiri karirnya sebagai pemain sepak bola setelah 14 tahun bergelut di dunia sepak bola.

Sebelum pertandingan final, Van Bronckhorst berharap pertandingan terakhirnya itu akan berakhir dengan indah. Dia merasa kecewa dengan kegagalannya untuk meraih gelar juara PD yang pertama bagi Belanda.

"Kami hampir menjadi juara dunia, tetapi itu tidak terjadi. Itu sangat mengecewakan. Saya sangat bangga dengan tim dan semua yang telah kami capai. Kami sudah sejauh ini, kami memberikan segalanya hari ini," kata pemain berdarah Maluku itu, seperti dikutip FIFA.com.

Mantan bek Barcelona itu mengawali debutnya di timnas Belanda pada Agustus 1996. Setelah pensiun, Van Bronckhorst akan belajar pelatihan sepak bola sebelum menjadi asisten pelatih tim nasional (timnas) Belanda dibawah usia 21 tahun.
(ENY/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010