Jakarta (ANTARA) - Kiper tim nasional Italia Gianluigi Donnarumma dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Euro 2020 seusai kontribusi pentingnya jadi pahlawan dalam adu penalti di partai final melawan Inggris di Wembley, London, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Jajaran peninjau teknis dalam laman resmi UEFA UEFA memilih Donnarumma, yang menjadi kiper pertama yang pernah memenangi penghargaan individual tersebut sejak mulai dianugerahkan pada Euro 1996.

Donnarumma selalu tampil dalam tujuh pertandingan Italia di Euro 2020 dengan total menit bermain 719 menit, jauh lebih banyak dari semua peserta ajang itu.

Satu-satunya momen Donnarumma tak berada di bawah mistar gawang Italia terjadi pada menit-menit akhir pertandingan terakhir penyisihan Grup A melawan Wales, ketika Roberto Mancini memberi kesempatan Salvatore Sirigu tampil.

Baca juga: Mancini beberkan alasan rotasi besar-besaran Italia lawan Wales

Solidnya pertahanan Italia memang turut membantu Donarrumma tak punya begitu banyak pekerjaan di Euro 2020, tetapi ketika dihadapkan pada 13 percobaan tembakan tepat sasaran dari lawan, kiper berusia 22 tahun itu mampu mengamankan sembilan di antaranya.

Peran penting Donnarumma begitu terlihat ketika Italia harus menjalani adu penalti dua kali di Euro 2020, yang terjadi di dua laga pemungkas.

Saat semifinal melawan Spanyol, Donnarumma mementahkan eksekusi penalti Alvaro Morata demi membuka jalan bagi Jorginho menyarangkan penalti kemenangan Italia menuju final.

 
Penjaga gawang Italia Gianluigi Donnarumma menahan tendangan penalti dari pemain Spanyol Alvaro Morata pada laga babak semifinal Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris, Selasa (6/7/2021). Lalui drama adu penalti, Italia tembus final Euro 2020 usai kandaskan Spanyol 1-1 (4-2). ANTARA FOTO/Laurence Griffiths/Pool via REUTERS/wsj.


Baca juga: Sebelum adu penalti mulai pun Donnarumma sudah yakin Italia menang

Lantas di final, dua dari tiga eksekutor penalti Inggris yang gagal yakni Jadon Sancho dan Bukayo Saka berhasil dimentahkan oleh Donnarumma.

Ketika Donnarumma mementahkan eksekusi penalti Saka, kiper yang kini berstatus tanpa klub itu berjalan tenang tanpa melakukan selebrasi berlebihan, seolah yang dilakukannya tak lebih dari kewajiban yang ia tunaikan dengan baik.

Baca juga: Italia juara Euro 2020 seusai tundukkan Inggris lewat adu penalti

Italia juara Euro 2020, Donnarumma menyabet penghargaan Pemain Terbaik.

Berikut daftar Pemain Terbaik Euro yang mulai dianugerahkan sejak edisi 1996:

2020 - Gianluigi Donnarumma (Italia)
2016 - Antoine Griezmann (Prancis)
2012 - Andres Iniesta (Spanyol)
2008 - Xavi Hernandez (Spanyol)
2004 - Theodoros Zagorakis (Yunani)
2000 - Zinedine Zidane (Prancis)
1996 - Matthias Sammer (Jerman)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021