Ottawa (ANTARA News/AFP) - Perekonomian Kanada merosot pada Juli untuk pertama kalinya sejak Agustus 2009, Statistik Kanada mengatakan, Kamis.

Produk domestik bruto riil -- suatu ukuran aktivitas ekonomi disesuaikan dengan inflasi -- sedikit turun 0,1 persen pada Agustus, lembaga pemerintah itu mengatakan.

Manufaktur menurun 0,7 persen dengan 11 kelompok dari 21 manufaktur utama mundur.

Perdagangan eceran dan grosir, konstruksi dan kehutanan juga membukukan penurunan sementara peningkatan tercatat di sektor pertambangan, beberapa industri keuangan dan sektor publik.

Menteri Keuangan Jim Flaherty meremehkan penyusutan Juli, menyebutnya "sedikit turun dalam satu bulan" setelah serangkaian "naik dan turun", dan mengatakan ia memperkirakan pertumbuhan ekonomi positif untuk kuartal.

"Dalam masyarakat industri Barat, kami melakukannya dengan sangat baik," kata menteri.

Ditekan tentang mengapa ekonomi tidak pulih sekuat dan secepat yang diharapkan, Flaherty mengatakan "kita selalu mengatakan pemulihan ekonomi sangat rentan."

"Angka tetap sama: pertumbuhan moderat di Kanada, pertumbuhan positif, tapi moderat, dan kerapuhan dalam hal pemulihan, terutama mengingat relatif lemahnya ekonomi Amerika Serikat, yang mempengaruhi ekspor kita," katanya.

Flaherty menambahkan bahwa tujuannya kembali ke anggaran berimbang pada 2015 "masih pada jalurnya." (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010