Roma (ANTARA News/AFP) - Lazio menempati posisi puncak klasemen liga utama Italia (Serie A), Minggu, setelah mereka mengalahkan tim yang baru promosi Brescia 1-0 di Stadion Olimpico Roma, sementara pesaing sekotanya, AS Roma, kalah 0-2 di Napoli, yang kini menempati posisi kedua.

Tapi sang juara Inter Milan dapat merebut kembali posisi pertamanya dalam klasemen jika mereka dapat mengalahkan Javentus pada pertandingan Minggu petang.

Stefano Mauri mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan setelah melakukan pergerakan cantik pada menjelang akhir babak pertama, untuk memberi Lazio tiga angka.

Tapi pertandingan besar pada siang itu terjadi di stadion San Paolo di Naples.

Gol dari Marek Hamsik dan sebuah gol bunuh diri dari Juan menunjukkan bahwa Napoli siap mengambil langkah berikutnya pada musim ini dan bertarung untuk tempat Liga Champions, sementara AS Roma masih berada di posisi tiga terbawah.

Napoli sadar bahwa dua gol kemenangan itu dapat mengantar mereka ke puncak tapi itu perlu waktu 25 menit untuk memasuki pertarungan sebenarnya.

Gelandang asal Slowakia Hamsik memotong bola dari kanan namun tembakan kaki kirinya tidak membahayakan penjaga gawang Bogdan Lobont.

Beberapa menit kemudian giliran Roma yang menekan saat Cicinho melepaskan umpan pada John Arne Riise, yang menahan bola dengan dadanya dan kemudian melepaskan tembakan voli namun terlalu tinggi dan lebar.

Ezequiel Lavezzi kemudian menyodorkan bola ke kotak penalti pada Hamsik, yang mengendalikan bola dengan dadanya sempurna namun penyelesaikan akhirnya terlalu dekat pada Lobont.

Pada menit ke-37 Morgan De Sanctis menyelamatkan Napoli dengan satu tangannya saat mementahkan sundulan Marco Borriello dari tendangan bebas Francesco Totti, yang kemudian membentur Paolo Cannavaro dan hampir saja penjaga gawang salah langkah.

Napoli meningkatkan tekanan setelah turun minum saat Edinson Cavani menerobos namun Lobont masih dapat menahan tembakan kaki kirinya itu.

Dominasi Napoli akhirnya membuahkan gol pada menit ke-72. Lavezzi menyodorkan bola pada Dossena yang menarik bola ke belakang pada Hamsik, yang tidak terkawal, dan meskipun melepaskan tembakan yang mengarah pada Lobont, bola meluncur di bawah penjaga gawang asal Rumania itu dan melewati garis gawang.

Napoli memastikan kemenangan saat umpan silang Hugo Campagnaro dari sisi kanan tujuh menit sebelum bubaran membentur bek tengah Roma Nicolas Burdisso dan kemudian pada Juan, sebelum memperdaya Lobont. (I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010