London (ANTARA News/AFP) - Liverpool terpuruk ke zona degradasi liga utama Inggris setelah juara 18 kali itu menelan kekalahan 1-2 di kandang oleh tim yang baru promosi Blackpool, Minggu.

Sementara itu sang juara Chelsea memperbesar keunggulan mereka di puncak klasemen menjadi empat poin setelah mencatat kemenangan 2-0 atas Arsenal di Stamford Bridge.

Pada pertandingan lainnya, Manchester City melompati Manchester United di posisi kedua setelah menang 2-1 di kandang atas Newcastle.

Tapi semua mata tertuju ke Anfield, di mana Blackpool meraih kemenangan untuk pertamakalinya sejak 1967, untuk membuat Liverpool hanya mencatat satu kemenangan dalam tujuh pertandingan liga sejauh ini pada musim ini.

Charlie Adam membuat Blackpool unggul pada menit ke-29 dengan gol dari titik penalti, sebelum Luke Varney mencetak gol pada akhir babak pertama.

Kapten Liverpool Steven Gerrard, seperti yang sering dia lakukan bagi klubnya, membantu Liverpool kembali ke pertandingan saat dari tendangan bebasnya pemain belakang Yunani Sotirios Kyrgiakos berlari untuk menyundul bola ke gawang pada menit ke-53.

Kyrgiakos kemudian hampir membuat kedudukan menjadi imbang namun masih bisa dimentahkan dengan penyelamatan gemilang dari penjaga gawang Blackpool Matt Gilks dalam pertandingan di mana striker Liverpool Fernando Torres harus ditarik keluar setelah baru bermain 10 menit karena masalah pada pangkal paha.

Pada pertandingan lain, Didier Drogba membuat Chelsea unggul pada menit ke-39 sebelum Alex mengamankan nilai tiga angka pada menit terakhir dengan sebuah tendangan bebas.

Sebelumnya pemain Machester City Adam Johnson masuk dari bangku cadangan untuk mencetak gol dalam kemenangan 2-1 atas Newcastle, saat tim asuhan Roberto Mancini itu naik ke posisi kedua dalam klasemen.

Johnson membuat City unggul saat pertandingan tersisa seperempat jam setelah gol penalti Carlos Tevez pada menit 18 disamakan oleh pemain Newcastle Jonas Gutierrez enam menit kemudian. (I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010