Madrid (ANTARA News/AFP) - Juara bertahan Barcelona kehilangan dua poin lagi di kandang setelah bermain imbang 1-1 dengan Real Mallorca di Camp Nou, Minggu, dan turun menjadi tiga poin di bawah pemimpin klasemen Valencia.

Lionel Messi tampil untuk pertama kalinya pada liga sejak cedera pergelangan kaki dua pekan lalu dan menyarangkan gol ketiganya dalam liga pada menit ke-20 untuk membuat Barca memimpin, tetapi Emilio N`Sue menyamakan kedudukan dengan sundulan tiga menit sebelum jeda pertandingan.

Dua gol dalam tiga pertandingan kandang adalah hasil yang buruk bagi Barca dan hasil imbang dengan Mallorca, digabungkan dengan kekalahan mengejutkan dari tim yang dipromosikan Hercules, berarti Barcelona sudah kehilangan lima poin di kandang.

Pelatih Barca Pep Guardiola tidak senang dengan kehilangan kesempatan tersebut dan mengatakan timnya tidak akan menyamai rekor liga musim lalu yang mengumpulkan 99 poin.

"Kami seharusnya menguasai pertandingan tetapi kami tidak melakukannya dan membiarkan dua poin lepas dari genggaman," kata Guardiola.

"Kami tidak akan mendapat 99 poin musim ini. Pengumpulan poin musim lalu adalah sesuatu yang sulit dicapai."

Juara bertahan itu tetap berada di urutan ketiga tetapi sekarang dua poin di bawah tim di tempat kedua Villarreal, yang menang 2-0 atas Racing Santander pada Minggu, dan tiga poin di bawah pemimpin klasemen Valencia, yang akan mereka hadapi di Camp Nou dalam pertandingan liga mereka berikutnya.

Real Madrid yang belum terkalahkan, dua poin di bawah Barcelona pada posisi keempat, sekarang bisa naik ke atas saingan mereka dengan kemenangan atas Deportivo La Coruna yang belum pernah menang.

Barcelona harus main tanpa playmaker Xavi yang mengalami tendinitis dan manajer Guardiola juga memutuskan mengistirahatkan pemain nasional Spanyol Sergi Busquets, Carles Puyol dan David Villa.

Namun Messi kembali ke susunan pemain pembuka, dan seperti biasa berbahaya, tidak menunjukkan tanda-tanda cedera pergelangan kaki yang membuatnya absen.

Setelah peluang di awal bagi Bojan Krkic dan Gerard Pique, tim tuan rumah memimpin ketika dengan cerdas Pedro Rodriguez mengumpan Messi dan pemain Argentina itu dengan tenang mengirim tembakan melengkung ke sudut kiri bawah gawang.

Messi, Seydou Keita dan Eric Abidal semuanya mendapat peluang tetapi justru Mallorca yang menyamakan kedudukan, melalui sundulan N`Sue ke sudut gawang.

Mallorca jauh meningkat usai turun minum dan bisa memimpin pada menit ke-62 setelah kesalahan yang jarang dilakukan Pique.

Bek tengah itu salah menempatkan umpan sehingga menghadiahkan bola kepada Pierre Webo, yang menendang keras kearah gawang, tetapi Victor Valdes menyadarinya, menepis usaha tersebut dan menyelamatkan muka Pique.

Usaha Bojan membentur gawang dari sudut sulit pada menit ke-76 dan Barca menekan untuk menciptakan gol kemenangan tetapi Mallorca bertahan dengan baik.

Itu adalah poin tandang pertama bagi Mallorca dan hadiah manis bagi pelatih mereka Michael Laudrup saat kembali ke Camp Nou, tempat ia menjadi bintang bagi Barca antara 1989 dan 1994.

Villarreal mengalahkan Racing 2-0 pada Minggu untuk meraih kemenangan kelima berturut-turut.

Striker nasional Brazil Nilmar mencetak gol kelimanya musim ini setelah baru bermain delapan menit dan Giuseppe Rossi menyarangkan gol keempatnya dalam liga pada menit ke-13 saat Villarreal menggenapi kemenangan.

Dalam pertandingan lainnya, pelatih baru Sevilla Gregorio Manzano menikmati kemenangan pada debutnya dalam liga saat timnya menang kandang 3-1 atas Atletico Madrid.

Gol dari Alvaro Negredo, Diego Perotti dan Frederic Kanoute memastikan kemenangan Sevilla, yang naik di atas Atletico ke posisi kelima.

Manzano, yang mengambil alih tugas setelah Antonio Alvarez dipecat, telah memenangi kedua pertandingan pertamanya setelah menjadi pelatih, dengan 1-0 pada Liga Europa atas Borussia Dortmund, Kamis, diikuti kemenangan melawan Atletico.

Atletico berharap membalas kekalahan 0-2 mereka dari Sevilla dalam final Piala Raja musim lalu, tetapi tidak terlaksana. (F005/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010