Jakarta (ANTARA News) - Lima pemain absen pada latihan perdana timnas sepak bola yang dipersiapkan menghadapi timnas Uruguay pada pertandingan persahabatan di Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (8/10).

Kelima pemain itu adalah Firman Utina dan Arief Suyono dari Sriwijaya FC, Yesayas Desnam dari Persiwa Wamena, Zulkifly Sukur dari Arema Indonesia dan Eka Ramdani dari Persib Bandung.

Asisten pelatih timnas Widodo Cahyono Putro di Jakarta, Senin mengatakan, ketidakhadiran pemain pada latihan pertama pemusatan latihan tahap kedua itu karena beberapa hal di antaranya adalah cedera dan masalah izin.

"Arief izin karena ada acara keluarga. Yesayas belum datang, Zukifly kecapekan dan istirahat di hotel serta Eka Ramdani cedera," katanya usai latihan perdana timnas di Lapangan PSSI Jakarta.

Pada latihan perdana yang dipimpin langsung oleh pelatih Alfred Riedl, hanya 18 pemain yang hadir. Meski demikian latihan tetap digelar sesuai dengan program yang telah ditetapkan.

Pelatih asal Austria itu pada latihan perdana langsung memberikan materi kerja sama tim serta tendangan ke arah gawang. Masuknya Boaz Salossa di lini depan menambah daya dobrak timnas Merah Putih.

"Sebetulnya di lini depan ditambah Budi Sudarsono, tapi dia mengalami cedera yang serius. Jadi batal masuk timnas," kata Widodo menambahkan.

Di lini depan selain mengandalkan stiker asal Persipura Jayapura, Boaz Salossa juga mengandalkan Bambang Pamungkas dan dua striker muda yaitu Yongky Aribowo dan Jaya Teguh Angga.

Untuk lini tengah tetap mengandalkan Oktovianus Maniani, Toni Sucipto, Ahmad Bustomi, M. Ridwan, Firman Utina, Atep dan Slamet Riyadi.

Di barisan pertahanan Alfred Riedl menyiapkan M. Nasuha, Maman Abdurrahman, Nova Arianto, Benny Wahyudi, Irfan Raditya, Zulkifly Sukur. Sedangkan kiper akan diperkuat Markus Haris Maulana, Kurnia Mega dan Fausal Mubarok.

"Fausal diplot menggantikan Ferry Rotinsulu yang cidera. Jadi semua posisi sudah lengkap meski ada yang belum datang," kata mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Selain 23 pemain yang telah disiapkan pada pertandingan melawan Uruguay juga akan diperkuat pemain keturunan yaitu John van Beukering dari Go Ahead Eagles Belanda, Rafael Guillermo Eduardo Maitimo dari FC Bit, China dan Tobias bukan Jeffry Devisher pada berita sebelumnya.

Satu lagi pemain keturunan yang akan memperkuat timnas adalah Sergio van Djik. Namun demikian pemain yang memperkuat Adelaide United itu belum bisa memperkuat timnas saat melawan Uruguay. Pemain ini baru bisa diturunkan saat menghadapi Maladewa, 12 Oktober mendatang.

(B016/I007/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010