Samosir (ANTARA News) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebun Raya Samosir dan Arboretum Aeknatonang menemukan specimen Rafflesia Meijerii di Desa Partungko Naginjang di daerah Hutan Hujanda.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Samosir, Gomgom Naibaho di Medan, Jumat, mengatakan, bunga langka tersebut ditemukan saat dilaksanakan kegiatan orientasi atas kekayaan flora sekaligus meninjau lokasi bagi kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2011.

"Pada saat menyusuri Desa Partungko Naginjang, Kecamatan Harian, Jumat (17/10) petugas berhasil menemukan specimen Rafflesia Meijerii tepatnya di ketinggian sekitar 1.711 mdpl di daerah hutan hujan," katanya.

Menurut dia, temuan ini dapat menjadi catatan baru untuk persebaran Rafflesia Meijerii di Sumatera Utara karena sebelumnya hanya ditemukan di Taman Wisata Alam Sicikeh-cikeh, Dairi dan Taman Nasional Batang Gadis, Mandailing Natal.

Penemuan itu menjadi menarik karena bunga Rafflesia Meijerii yang tumbuh di Samosir berada pada ketinggian 1.711 mdpl. Sementara jenis serupa berdasarkan literatur ditemukan disekitar ketinggian 1.320 mdpl.

Berdasarkan literatur, Rafflesia Meijerii merupakan jenis Rafflesia ke 12, karena sebelumnya hanya ada 11 jenis di Indonesia.

"Perlu perhatian khusus untuk tumbuhan langka dan terancam punah seperti Rafflesia Meijerii," katanya.
(ANT/A024)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010