Jakarta (ANTARA News) -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap kepada tiga pemain sepak bola asal Belanda keturunan Indonesia agar ikut memajukan persepakbolaan nasional.

"Presiden Yudhoyono mengucapkan selamat datang ke Indonesia pada ketiganya (pemain Belanda keturunan Indonesia) dan berharap mereka dapat ikut memajukan persepakbolaan nasional," kata Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Luar Negeri Teuku Faizasyah di Jakarta, Jumat, seusai mendampingi Presiden Yudhoyono menyaksikan pertandingan sepakbola Indonesia melawan Belanda.

Ketiga pemain sepak bola asal Belanda keturunan Indonesia itu adalah Jhonny Rudolf Van Beukering, Raphael Guilermo Eduardo Maitimo, dan Tobias Jesajas Waisapij.

Menurut Faiza, Presiden melakukan pertemuan dengan ketiga pemain Belanda keturunan Indonesia itu sewaktu menyaksikan pertandingan sepak bola persahabatan antara PSSI dengan Uruguay.

"Nenek buyut mereka berasal dari Jawa Barat, Sumatera Barat dan Maluku," katanya.

Ketiga pemain bola tersebut, kata Faiza, direncanakan bergabung dengan tim nasional Indonesia.

"Ketiga pemain asal Belanda tersebut menyambut gembira saat mengetahui bahwa Presiden Yudhoyono pada World Cup di Afrika Selatan yang lalu mendukung tim Oranje (tim nasional Belanda)," katanya.

Presiden Yudhoyono dengan didampingi sejumlah menteri dan staf khusus presiden turut menyaksikan pertandingan persahabatan Indonesia melawan Uruguay di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat malam.

Rombongan tim nasional Uruguay telah tiba di Indonesia awal pekan ini, termasuk pemain bintangnya, Luis Suarez. Mereka berlatih di Lapangan Soemantri Brojonegoro, Jakarta Selatan.

Turunnya hujan yang mengguyur Jakarta semenjak sore tidak menyurutkan langkah masyarakat Indonesia untuk mendukung tim nasional menjelang kick-off pertandingan persahabatan melawan tim Uruguay.
(G003/A020)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010