Sepang, Malaysia (ANTARA News/Reuters) - Jorge Lorenzo mendekati kemenangan gelar MotoGP dengan memastikan meraih posisi pole untuk Grand Prix Malaysia pada Sabtu.

Pembalap asal Spanyol itu hanya butuh berada di 10 besar untuk menjamin gelar dengan masih menyisakan tiga balapan lagi setelah Malaysia ini, namun pembalap Yamaha itu berniat memenangi gelar kedelapannya ini daripada memilih bertahan.

Pembalap berusia 23 tahun itu memastikan pole keenamnya musim ini dengan lap terbaik dua menit 01,537 detik untuk menyingkirkan pembalap Ducati Nicky Hayden yang mencatat 2:01,637 hingga Lorenzo melesat lebih cepat pada menit-menit akhir kualifikasi.

Sementara itu pembalap Italia Andrea Dovizioso juga akan menempati barisan depan untuk balapan Minggu, setelah dia mencapai finais dengan catatan waktu 2:01,829 dengan Honda.

"Saya sungguh ingin meraih pole hari ini ketika tahu bahwa balapan ini bakal ketat dan sulit untuk merebut kemenangan besok," kata Lorenzo.

"Ini merupakan bagian penting dari karir saya dan saya akan mendorong kuat untuk menempatkan dirisaya di posisi terbaik, masih ada beberapa masalah dengan motor saya tapi kami sudah bekerja keras dan mengusahakan satu lap yang sangat bagus untuk memberi kami posisi pole," tambahnya.

Sementara itu barisan kedua akan diisi oleh pembalap AS Ben Spies, pembalap Australia Casey Stoner dan juara dunia Valentino Rossi yang catatan waktunya terpaut kurang dari satu detik.(*)

(Uu.A020/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010