Merak (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang memprediksi ketinggian gelombang di sekitar laut Merak, Kota Cilegon, Banten mencapai 2 meter.

"Ketinggian gelombang di sekitar laut Merak, saat ini sudah mencapai dua meter, yang sebelumnya hanya sekiktar 1,6 meter saja," kata staf pengamat BMKG Serang, Eko Widiyanto, Senin.

Dia menjelaskan, secara umum kondisi ketinggian gelombang di sekitar laut Merak sama dengan di wilayah Bojonegara, Pantura Serang, dan Tangerang. "Hampir semuanya sama disekitar laut itu ketinggian gelombang sudah mencapai dua meter," katanya menambahkan.

Tingginya gelombang di periairan laur di Cilegon, Serang dan Tangerang dikarenakan musim pancaroba atau peralihan dari hujan ke kemarau.

"Akibat peralihan musim itu mengakibatkan angin yang ada kencang sehingga berdampak pada ketinggian gelombang laut di Banten Utara," katanya menjelaskan.

Akibat tinggi gelombangnya selat sunda, berdampak terhadap tidak dioperasionalkan, tiga buah kapal cepat dii Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Ketiga kapal cepat itu diantaranya, Kapal Pasca Dana 2, pemilik Pasca Dana GRT 108, kecepatan 18 knot dengan kapsitas penumpang 171 orang.

Kedua kapal Alle Exspress IV, pemilik PT Timas S L, GRT 50, kecepatan 28 knot, kapasitas penumpang 159, dan yang ketiga kapal Citra Jet 02, pemilik PT Bahtera M S, GRT 81, kecepatan 28 knot, dengan kapasitas penumpang 156 orang.

Atau jika semuanya beroperasi dalam satu trip tiga kapal, total penumpang yang dibawa sebanyak 486, atau kapasitas rata-rata perkapal 162 orang.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010