Jeddah (ANTARA News) - Jemaah haji Indonesia mulai berdatangan di tanah suci, Arab Saudi, dan yang pertama kali tiba di Jeddah, Senin petang, adalah kelompok terbang (Kloter) dari Makassar yang disusul dari Banjarmasin I.

Kloter I dari Makassar tiba di Jeddah pukul 17.00 WAS, dan sekitar 15 menit kemudian disusul Kloter I dari Banjarmasin. Kedatangan Kloter I Makassar lebih cepat 15 menit dari jadwal, sedangkan Koler Banjarmasin terlambat 35 menit.

Kedatangan calon jemaah haji (Calhaj) RI itu disambut Duta Besar (Dubes) RI Gatot Abdullah Mansyur, Konjen RI di Jeddah Zakaria Anzhar, Kepala Daerah Kerja Daerah (Daker) Jeddah Ahda Barori di Terminal Haji King Abdul Aziz.

Menurut jadwal, yang tiba di Jeddah pada hari Senin meliputi Kloter Makassar, Sumut, NAD Aceh. Dari Makassar hari Senin menerbangkan dua Kloter pada hari yang sama.

Para Calhaj ini, Senin malam, segera diberangkatkan ke kota Madinah untuk melaksanakan ibadah arbain, yaitu menjalankan sholat wajib berturut-turut selama delapan hari.

Di Bandara King Abdul Aziz , para jemaah akan beristirahat selama dua jam sebelum ke Madinah. Perjalanan Jeddah ke Madinah sekitar 480 km akan ditempuh selama enam sampai delapan jam dengan kendaraan bus.

Pada 21 Oktober, para Calhaj ini akan masuk ke Mekkah untuk melakukan persiapan ritual haji berikutnya, berupa umroh (tawaf, sai dan tahalul) kemudian wukuf di Arafah. (E001/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010