Los Angeles (ANTARA News) - Aktor peraih Oscar Morgan Freeman akan menerima penghargaan atas prestasi selama ini dari American Film Institute (AFI), yang menyebut dia "harta Amerika", pada Senin waktu setempat.

Morgan (73), yang meraih Academy Award buat karyanya di dalam drama tinju "Million Dollar Baby" dan Golden Globe buat "Driving Miss Daisy", telah memainkan peran mulai dari Tuhan sampai presiden dalam 40 tahun karirnya baik di panggung maupun di layar lebar.

Morgan, yang dikenal karena suaranya dan gayanya yang tenang, terakhir kali tampil sebagai mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela di film 2009 "Invictus".

"Morgan Freeman adalah harta karun Amerika," kata Sir Howard Stringer, Ketua AFI Board of Trustees, di dalam satu pernyataan.

"Selama beberapa dasawarsa, berperan sebagai tahanan, presiden atau bahkan Tuhan, ia memperlihatkan sikap yang tenang dan memberi penghormatan kepada tokohnya serta buat jenis seni itu. Hadiahnya bagi dunia kebudayaan juga diperlihatkan oleh suaranya yang khas yang berkumandang dari lubuk hati serta fikiran para pecinta film di seluruh dunia," katanya.

Morgan dijadwalkan menerima hadiah tersebut --penghargaan tertinggi AFI-- dalam acara makan malam pada Juni 2011. Acara itu kemudian akan disiarkan di televisi.

Morgan bergabung dengan selebriti lain seperti Al Pacino, Meryl Streep, dan Alfred Hitchcock, yang juga termasuk di antara 39 aktor yang mendapat penghormatan dari AFI sejak 1973.
(C003/A011)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010